Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Peserta Lelang dalam Pelaksanaan Eksekusi Hak Tanggungan oleh Pihak Bank

  • Nur Laily Fakultas Hukum, Universitas Internasional Batam
  • Triana Dewi Seroja Fakultas Hukum, Universitas Internasional Batam
  • Winda Fitri Fakultas Hukum, Universitas Internasional Batam
  • Zaiqui Arviveronica Fimos Fakultas Hukum, Universitas Internasional Batam
Keywords: Eksekusi Hak Tanggungan, Bank, Lelang, Perlindungan Hukum

Abstract

Bank sebagai lembaga penyaluran dana kepada masyarakat juga memerlukan jaminan atas dana yang disalurkan tersebut, salah satu jaminan yang dapat diagunkan adalah Sertifikat Hak Atas Tanah, yang kemudian dibebankan Hak Tanggungan agar memiliki Hak Eksekutorial sebagaimana diatur dalam UU No. 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan yang mana salah satu cara eksekusi Hak Tanggungan adalah dengan cara proses lelang yang diatur secara khusus dalam PMK No. 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang. Penelitian ini dilakukan dikarenakan pemberlakuan peraturan hak tanggungan masih belum maksimal atau masih menimbulkan permasalahan baik bagi pihak Bank sebagai kreditur, bahkan hingga peserta lelang yang telah beritikad baik mengikuti proses lelang yang telah diatur. Penelitian dilakukan oleh Peneliti agar perlindungan hukum bagi para pihak dapat terealisasi sehingga mencapai keadilan sehingga Peneliti menggunakan Teori Perlindungan Hukum oleh Satjipto Rahardjo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empris. Berdasarkan hasil analisis penelitian didapat bahwa banyak debitur yang mengajukan gugatan ketika pihak Bank hendak melakukan eksekusi Hak Tanggungan, sehingga mengakibatkan pihak Bank tidak dapat menggunakan hak eksekutorial, melainkan harus mengajukan Penetapan Pengadilan. Peraturan yang berlaku masih tidak mengatur secara rinci dan khusus terkait perlindungan hukum terhadap kreditur serta peserta lelang yang telah beritikad baik.

References

A. Buku
Efendi, Jonaedi, Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris, Prenadamedia Group, Jakarta, 2016.
Raco, J.R, Metode Penulisan Kualitatif Trend Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Grasindo, Jakarta, 2010.
Rahardjo, Satjipto, Ilmu Hukum, PT Citra Aditya Bakti, Bandung, 2000.
B. Artikel Jurnal
Jufri, Supriadi, Anwar Borahima, Nurfaidah Said, “Pelaksanaan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan Melalui Balai Lelang”, Jurnal Ilmiah Dunia Hukum, Volume 4, Nomor 2, Tahun 2020.
Sari, Nevita, “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Nasabah Dalam Card Skimming (Studi Kasus Bank Bni Syariah Pusat Di Jakarta)”, Reformasi Hukum, Volume 23, Nomor 2, Tahun 2019.
C. Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda Yang Berkaitan Dengan Tanah, No. 4 Tahun 1996, LN No. 42, TLN No. 3632, Indonesia.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan No. 10 Tahun 1998, LN No.182, TLN No. 3790, Indonesia.
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang, Indonesia.
Published
2020-12-07