Analisis Kualitas Pembelajaran IPS: Evaluasi Efektivitas Metode, Materi dan Pengajaran di Konteks SMP Unismuh Makassar

DOI 10.58569/jies.v3i1.1034

Authors

  • Nurfadila R. Tuljanah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Almaida Laman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sam'un Mukramin Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v3i1.1034

Keywords:

Pembelajaran IPS, Evaluasi, Metode, Pengajaran

Abstract

Kualitas pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada lembaga pendidikan formal berdampak pada kualitas belajar siswa hal ini dapat diketahui melalui tahapan evlauasi metode, materi dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pembelajaran IPS yang efektif di tingkat Sekolah Menengah Pertama dengan meninjau berbagai Metode, Materi dan Pengajaran. Dalam menganalisis kualitas pendidikan IPS, menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan pembelajaran IPS tersebut, seperti kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, kurangnya pelatihan profesional, dan resistensi terhadap perubahan kurikulum. Melalui analisis observasi dengan pendekatan studi kasus, Dapat dilihat hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru berhasil menerapkan model Problem Based Learning dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran. Dengan menggunakan media yang ada disekitarnya, siswa memahami apa yang disampaikan guru. Penggunaan strategi membaca dan menulis antara lain pemberian penghargaan (pujian, nilai, bintang, hadiah kepada siswa), pemberian bahan referensi untuk mencari jawaban dan solusi pemecahan masalah, serta belajar kelompok dan diskusi siswa.

Downloads

Published

2024-09-18 — Updated on 2024-09-18

Versions

Issue

Section

Articles