TIK Di Pendidikan Dasar Untuk Pendidikan Berkelanjutan Dalam Perspektif

DOI 10.58569/jies.v3i1.1047

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v3i1.1047

Keywords:

keberlanjutan, TIK, peralatan teknologi, pendidikan sekolah dasar

Abstract

Dengan pesatnya perkembangan teknologi di abad ke-21, sektor pendidikan juga berusaha untuk memanfaatkan TIK secara efektif. Akibatnya, sekolah-sekolah dengan cepat secara bertahap melengkapi diri mereka dengan perangkat TIK terbaru untuk dapat melaksanakan pendidikan secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan peralatan TIK untuk pendidikan yang berkelanjutan. Penelitian ini melibatkan 72 kepala sekolah pendidikan dasar dari empat kecamatan di Kabupaten Cirebon. Para kepala sekolah diwawancarai dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh penulis. Tiga hipotesis diuji dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat TIK untuk pendidikan berkelanjutan secara umum masih kurang di pendidikan sekolah-sekolah dasar di Kabupaten Cirebon.

Downloads

Published

2024-09-18 — Updated on 2024-09-18

Versions

Issue

Section

Articles