Efektifitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadist Berbasis Kurikulum Merdeka Di Madrasah Aliyah Miftahul Amal Jatimakmur Kota Bekasi

DOI 10.58569/jies.v3i1.1056

Authors

  • Lutfi Adriyansyah Universitas Islam As syafi'iyah
  • Ifham Choli Universitas Islam As Syafi'iyah
  • Mu'allimah Rodhiyana Universitas Islam As Syafi'iyah

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v3i1.1056

Keywords:

Efektifitas Pembelajaran, Qur’an Hadist, Kurikulum Merdeka

Abstract

Efektifitas pembelajaran yang efektif adalah usaha yang membuahkan hasil atau menghasilkan belajar yang bermanfaat dan bertujuan bagi para peserta didik. Kata efektivitas pembelajaran mengandung dua indikator penting, yaitu pada peserta didik dan guru. Orang tua umumnya lebih mengutamakan pembelajaran duniawi serta kurang memikirkan pembelajaran agama, Al-Qur’an merupakan salah satu sumber pendidikan Islam yang dapat memberikan dasar yang kuat untuk menentukan arah hidup dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam. Metode penelitian yang diterapkan berupa metode kualitatif. Metode kualitatif ini merupakan metode penelitian dimana data yang diperoleh memiliki sifat deskriptif berupa kalimat tertulis yang diperoleh melalui sebuah wawancara/pengamatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis berbasis Kurikulum Merdeka. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat efektifitas pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam penerapan Kurikulum Merdeka serta kurangnya motivasi belajar dan minat dari peserta didik. Pendekatan ini memberikan ruang untuk guru dan siswa untuk mengeksplorasi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan masing-masing siswa dan guru.

Downloads

Published

2024-09-19 — Updated on 2024-09-20

Versions

Issue

Section

Articles