Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Islamic Center Baiturrahman
DOI 10.58569/jies.v3i2.1132
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v3i2.1132Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, ProblematikaAbstract
Penerapan kurikulum merdeka dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada guru dalam menentukan materi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Namun, implementasinya menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidaksiapan guru, keterbatasan sumber belajar, serta ketidaksesuaian modul ajar dengan buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi problematika penerapan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Islamic Centre Baiturrahman. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara dan dokumentasi, dengan sampel penelitian guru PAI di SMK ICB Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum ini memberikan kebebasan dalam metode pengajaran, kendala teknis dan adaptasi konseptual menjadi penghambat keberhasilannya. Selain itu, terdapat kesenjangan antara peraturan yang tertuang dalam Permendikbud Ristek No. 12 Tahun 2024 dan realitas implementasi di lapangan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar evaluasi untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum, khususnya pada mata pelajaran PAI.