Strategi Integrasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Program Adiwiyata di Smp N 23 Semarang

Authors

  • Ahmad Munarun UIN Walisongo Semarang
  • Fentika Zahra Qoirunnisa
  • Nita Yuli Astuti

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v3i2.1133

Keywords:

Kesadaran Lingkungan, Pendidikan Agama Islam, Program Adiwiyata

Abstract

Integrasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) ke dalam program Adiwiyata di SMP N 23 Semarang menciptakan sinergi pendidikan agama dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi integrasi nilai-nilai PAI dalam program Adiwiyata untuk meningkatkan kesadaran lingkungan siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dengan melibatkan guru, siswa, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum terpadu, kegiatan partisipatif, pelatihan guru, kolaborasi komunitas, dan penggunaan teknologi efektif meningkatkan kesadaran siswa terhadap isu lingkungan. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan pendekatan pendidikan holistik yang memperkuat karakter religius dan tanggung jawab lingkungan siswa.

Downloads

Published

2025-03-20

Issue

Section

Articles