Pengaruh Lingkungan Sekolah Ramah Anak Terhadap Kedisiplinan Siswa
10.58569/jies.v2i1.683
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v2i1.683Keywords:
Child Friendly School Environment, Student Discipline ddAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat, benar, valid serta dapat dipercaya dan diandalkan tentang Pengaruh Lingkungan Sekolah Ramah Anak Terhadap Kedisiplinan Siswa DI SMAN 107 Jakarta Timur. Seberapa besar pengaruh diantara keduanya terbilang cukup atau sedang serta faktor-faktor yang mempengaruhi.
Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif analitik korealsional” adapun objek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1, X IPA 2 dan X IPS 2, X IPS 3 SMAN 107 Jakarta Timur, yang berjumlah 590 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes sebanyak 118 responden. Dilengkapi juga teknik obeservasi, dan wawancara. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan Product Moment dari Karl Pearson.
Hasil penelitian yaitu jika dilihat dari segi uji koefisien product moment menghasilkan rxy atau ro sebesar 0,511 hal ini menunjukkan bahwa ro lebih besar dari pada rt pada taraf signifikan 5% = 0,174 dan lebih kecil dari pada rt pada taraf signifikan 1% = 0,228. Membandingkan besarnya “rxy” dengan “rt” seperti yang diketahui rxy yang peneliti peroleh adalah 0,511 sedangkan rt masing-masing 0,174 dan 0,228. Dengan demikian ternyata bahwa rxy ≥ rt pada taraf signifikan 5% dan rxy ≤ rt pada taraf signifikan 1%. Dalam hal ini berarti terdapat Pengaruh Lingkungan Sekolah Ramah Anak Terhadap Kedisiplinan Siswa pengaruhnya cukup. Korelasi tersebut adalah kedisiplinan sangat diperlukan dalam Lingkungan Sekolah Ramah Anak .
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah Ramah Anak, Kedisiplinan Siswa
This study aims to obtain precise, correct, valid and reliable and reliable data about the Influence of a Child-Friendly School Environment on Student Discipline at SMAN 107 East Jakarta. How much influence between the two is sufficient or moderate and the factors that influence it.
This study used the "descriptive analytic koreanal" method while the objects of research were students of class X IPA 1, X IPA 2 and X IPS 2, X IPS 3 at SMAN 107 East Jakarta, totaling 590 students. data collection techniques using questionnaires and tests of 118 respondents. Also equipped with observation techniques, and interviews. Meanwhile, in analyzing the data using Product Moment from Karl Pearson.
The results of the study are that when viewed in terms of the product moment coefficient test it produces rxy or ro of 0.511. This shows that ro is greater than rt at a significant level of 5% = 0.174 and smaller than rt at a significant level of 1% = 0.228. Comparing the magnitude of "rxy" with "rt", as is known, the rxy that the researchers obtained was 0.511 while the rt was 0.174 and 0.228, respectively. Thus it turns out that rxy ≥ rt at a significant level of 5% and rxy ≤ rt at a significant level of 1%. In this case, it means that there is an Influence of the Child-Friendly School Environment on Student Discipline, the effect is sufficient. This correlation is that discipline is very much needed in a Child Friendly School Environment.
Keywords: Child Friendly School Environment, Student Discipline