Penerapan Metode Smart Game Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Penelitian Tindakan Kelas Di Sdit Insan Mulia Jakarta
10.58569/jies.v2i1.717
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v2i1.717Keywords:
Metode Smart Game; motivasi, Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Smart game dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi kewajiban zakat dan macam-macam zakat melalui metode Smart game pada siswa kelas VI SDIT Insan Mulia Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data.Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan peningkatan motivasi dan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode smart game dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Peningkatan motivasi belajar ditunjukkan dengan peningkatan hasil pengamatan pra siklus (39,76%), siklus I (68%), Siklus II (79%), Siklus III (84%). Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas pra siklus (64,23) kategori cukup, menjadi (76,50) pada siklus I kategori baik dan pada siklus II sebesar (84,23) kategori baik dan pada siklus III menjadi (87,17).