Program Guru Penggerak Sebagai Peningkatan Kompetensi Guru di Era Merdeka Belajar: Studi Literatur

10.58569/jies.v2i1.725

Authors

  • Chatarina Febriyanti Universitas Indraprasta PGRI
  • Henny Suharyati Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v2i1.725

Keywords:

Guru penggerak, merdeka belajar, kurikulum merdeka, pelajar pancasila.

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk melihat sejauh mana hambatan dan perkembangan guru penggerak. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang dengan menggunakan aplikasi publish or perish dengan memasukan kata kunci guru penggerak selanjutnya artikel yang dipilih yang berasal dari jurnal nasional dari tahun 2020-2023 dan diplih 5 artikel yang relevan dengan judul. Selanjutnya ditelaah untuk dilihat hambatan apa dan sejauh mana perkembangan keberhasilan guru penggerak sebagai agen perubahan pendidikan. Hasil ditemukan adalah tidak banyak hambatan yang diungkap salah satu yang ditemukan adalah kurangnya motivasi dan dukungan kepala sekolah kepada calon guru penggerak yang mengikuti program guru penggerak. Adapun keberhasilan program ini yaitu dengan cukup berhasil dengan memberikan pelatihan berupa pergeresaran arah pendidikan menjadi lebih baik dan berkualitas. Dengan adanya pembelajaran yang berpusat pada murid. Pengembangan profesi sesama guru dan kerjasama yang baik antara orang tua dan pihak sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka yang mana mewujudkan profil pelajar pancasila.

Downloads

Published

2023-09-09

Issue

Section

Articles