Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI 10.58569/jies.v2i2.792
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v2i2.792Keywords:
Peran, Kepala Sekolah, PendidikanAbstract
Peran merupakan aspek dinamis kedudukan (status) apabila seseorang melakukan hak dan
kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka ia telah menjalankan suatu peran. Kepala
sekolah sebagai penentu kebijakan di sekolah memfungsikan perannya secara maksimal dan
mampu memimpin sekolah dengan bijak dan terarah serta mengarah kepada pencapaian
tujuan yang maksimal demi meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pustaka (library research) dengan
menelusuri bukubuku sebagai sumber datanya. Adapun hasil penelitian dalam penelitian ini
yaitu kepala sekolah harus menerapkan perannya dengan baik sesuai dengan kebutuhan
masyarakat dan perkembangan zaman dalam memimpin sebuah lembaga pendidikan yaitu
kepala sekolah sebagai leader (pemimpin), kepala sekolah sebagai manajer, kepala sekolah
sebagai educator, kepala sekolah sebagai administrator Pendidikan, peran sebagai supervisor,
kepala sekolah sebagai innovator, kepala sekolah sebagai motivator. Pelaksanaan peran yang
menyatu dalam pribadi kepala sekolah akan mampu mendorong visi menjadi aksi dalam
paradigma baru manajemen pendidikan.