Pendidikan Karakter Islami di Lembaga Pendidikan SMA Negeri 1 Bogor
DOI 10.58569/jies.v4i1.1228
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1228Abstract
Penelitian ini membahas tentang penerapan pendidikan karakter Islami di SMA Negeri 1 Bogor, yang berlokasi di Jln. Ir. H. Djuanda No. 16, Kota Bogor. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan tentang penerapan karakter islami siswa dan untuk mengetahui karakter siswa terhadap karakter islami di SMA negeri 1 Bogor. Dalam aktivitas pembelajaran di kelas, siswa sering mengalami kesulitan berkonsentrasi, kurang disiplin, dan rendahnya motivasi belajar, yang menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Hasil penelitian menujukkanbahwa Melalui berbagai program keagamaan, seperti Kaffah (sanlat), Mekkah (kajian keagamaan), tadarus, sholat berjamaah, serta kegiatan DKM Ar-Rahmah, sekolah berupaya membentuk karakter Islami siswa secara terintegrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di lingkungan SMA Negeri 1 Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Islami di sekolah ini berjalan cukup efektif. Guru PAI berperan aktif, tidak hanya dalam pembelajaran di kelas, tetapi juga dalam membimbing kegiatan keagamaan siswa. Kurikulum Merdeka yang diterapkan turut memperkuat pendidikan karakter dengan memberikan alokasi khusus untuk Pendidikan Agama Islam serta mengintegrasikan nilai-nilai religius melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Secara keseluruhan, penerapan pendidikan karakter Islami di SMA Negeri 1 Bogor memberikan dampak positif terhadap kedisiplinan, sikap tanggung jawab, dan motivasi ibadah siswa. Sinergi antara guru, kurikulum, lingkungan sekolah, dan partisipasi aktif siswa menjadi kunci dalam keberhasilan pembentukan karakter Islami di sekolah ini.