Inovasi Dan Optimalisasi Media Digital Berbasis TIK Dalam Pembelajaran PAI
DOI 10.58569/jies.v4i1.1238
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1238Keywords:
Inovasi, Media Pembelajaran, Digital, PAIAbstract
Abstrak
Media Pembelajaran merupakan hal krusial dalam proses pembelajaran yang digunakan sebagai bahan ajar. Media pembelajaran akan mempermudah interaksi antara pengajar dan siswa serta membantu proses belajar agar lebih optimal. Pembelajaran PAI menghadapi sejumlah tantangan kompleks di era digital, misalnya metode pengajaran yang masih konvensional dan kurang interaktif menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa, sehingga perlu ada inovasi dalam menyediakan media pembelajaran menarik bagi guru dan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis inovasi media digital berbasis TIK dalam pembelajaran PAI dan memaparkan alternatif solusi serta strategi inovasi bagi kendala dalam implementasi media digital berbasis TIK dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan pustaka yang menitikberatkan pada pengambilan referensi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah dan sumber terkait lainnya yang relevan dengan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi digital yang dikembangkan saat ini sudah banyak sekali, misalnya penggunaan platform e-learning interaktif, seperti Moodle atau Google Classroom yang dilengkapi dengan video ceramah, kuis interaktif, dan forum diskusi. Selain itu ada aplikasi berbasis android seperti Qur’anic Companion dan Tajweed Tutor sebagai penunjang pembelajaran al-Qur’an, dan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang membantu memvisualisasikan konsep abstrak dalam PAI. juga bisa digunakan untuk menghidupkan pembelajaran PAI.
Kata Kunci: Inovasi, Media Pembelajaran, Digital, PAI
Abstract
Learning Media is crucial in the learning process which is used as teaching material. Learning media will facilitate interaction between teachers and students and help the learning process to be more optimal. PAI learning faces a number of complex challenges in the digital era, for example, less interactive teaching methods lead to low student engagement, so there needs to be innovation in providing interesting learning media for teachers and students. The purpose of this study is to analyze ICT-based digital media innovations in PAI learning and present alternative solutions and innovation strategies for obstacles in the implementation of ICT-based digital media in PAI learning. This research uses a literature approach that focuses on taking references from various sources such as books, scientific journals and other. The result of this research is that there are many digital innovations developed today, such as the use of interactive e-learning platforms, such as Google Classroom equipped with video lectures, interactive quizzes, and discussion forums. In addition, there are android-based applications such as Qur'anic Companion as a support for learning the Qur'an, and Augmented Reality (AR) and Virtual Reality (VR) technologies that help visualize abstract concepts in PAI can also be used to support learning.
Keyword: Inovation, Learning Media, Digital, PAI