Optimalisasi Kinerja Pengurus Berbasis Departemen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Ponpes Darul Falah Amtsilati
DOI 10.58569/jies.v4i1.1289
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1289Keywords:
pesantren, Manajemen Pendidikan Islam, Mutu Pendidikan, Kinerja Pengurus, Departemen PelayananAbstract
Mutu pendidikan di pesantren tidak hanya ditentukan oleh aspek pengajaran, melainkan juga sangat dipengaruhi oleh kinerja pengurus dan efektivitas sistem manajemen kelembagaan. Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem organisasi berbasis departemen untuk menunjang kelancaran proses pendidikan dan pembinaan santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran tenaga kependidikan dalam mendukung pelayanan pendidikan yang efektif, serta kebutuhan untuk mengevaluasi sistem kerja dan kontribusi masing-masing departemen terhadap mutu pendidikan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kinerja pengurus pada setiap departemen, menilai efektivitas kerja mereka, dan menyusun rekomendasi strategis untuk peningkatan kualitas manajemen internal pesantren. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi lapangan (field research), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara semi-struktural dengan pengurus dan pengurus pesantren, serta analisis dokumentasi internal. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur departemen yang terorganisir dan sinergis memainkan peran penting dalam mendukung sistem pembelajaran berbasis kompetensi dan kompetisi di pesantren. Beberapa departemen seperti Ta’lim wal Ibadah dan Supervisi menunjukkan efektivitas kerja tinggi, sementara yang lain masih memerlukan peningkatan kapasitas SDM dan sistem evaluasi. Pelayanan yang diberikan oleh pengurus dianggap sebagai bagian integral dari proses pendidikan, didorong oleh semangat pengabdian dan komitmen terhadap misi keilmuan pesantren.