Pengaruh Media Pembelajaran Edpuzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII Mapel PAI di SMP Al-Falah

DOI 10.58569/jies.v4i1.1316

Authors

  • Siti Nurjanah Universitas Islam As syafi'iyah
  • Ifham Choli Universitas Islam As Syafi'iyah
  • Mu'allimah Rodhiyana Universitas Islam As Syafi'iyah

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1316

Abstract

Diketahui rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, karena kurangnya metode pembelajaran yang berfariasi dan menarik. Sehingga, siswa merasa bosan dan tidak fokus saat pembelajaran berlangsung, yang mengakibatkan pembelajaran tidak efektif. Siswa yang berkonsentrasi dan memerhatikan pelajaran saat dikelas memiliki hasil belajar yang memuaskan, sedangkan siswa yang tidak berkonsentrasi dan memerhatikan pelajaraan saat dikelas memiliki hasil belajar.Yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran edpuzzle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP Islam Al-Falah Kota Bekasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran PAI yang disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang menarik dan kurangnya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. edpuzzle, sebagai media pembelajaran video interaktif, diharapkan mampu meningkatkan ketertarikan, perhatian, dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan edpuzzle dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar serta tes pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa yang belajar menggunakan edpuzzle menunjukkan peningkatan minat belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode konvensional.

Downloads

Published

2025-09-10

Issue

Section

Articles