Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 63 Jakarta

DOI 10.58569/jies.v4i1.1317

Authors

  • Dika Fajar Kharisma Universitas Islam As syafi'iyah
  • Kartika Sharaswati Universitas Islam As Syafi'iyah

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1317

Keywords:

Pengaruh, Pendidikan orang Tua, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 63 Jakarta. Latar belakang dari penelitian ini adalah asumsi bahwa pendidikan orang tua memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan akademik anak, baik dari segi perhatian, motivasi, maupun fasilitasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 63 Jakarta tahun ajaran 2024/2025, dengan sampel yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi nilai hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Product Moment Karl Pearson dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,463 mengindikasikan pengaruh yang cukup kuat dan positif. Selain itu, koefisien determinasi (R²) sebesar 0,526 menunjukkan bahwa 52,6% variasi prestasi belajar siswa dapat dijelaskan oleh tingkat pendidikan orang tua.

Downloads

Published

2025-09-10

Issue

Section

Articles