Integrasi Augmented Reality dalam Pendidikan Sejarah Islam: Suatu Kajian Konseptual Kualitatif Kerangka TPACK

DOI 10.58569/jies.v4i1.1324

Authors

  • Ivana Deviyanti Universitas Islam Nusantara Al-Azhaar
  • Muslih Hidayat Universitas Islam Nusantara (UIN) Al-Azhaar
  • Dina Ervina Universitas Islam Nusantara (UIN) Al-Azhaar

DOI:

https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1324

Keywords:

Augmented Reality, sejarah Islam, Naratif-sintesis, Pendiddikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis integrasi Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran sejarah Islam dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dan analisis naratif-sintetis dalam kerangka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Fokus kajian meliputi: (1) pengembangan media AR sesuai karakteristik materi sejarah Islam, (2) kelayakan berdasarkan validasi ahli dan respon pengguna, serta (3) efektivitas dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Hasil sintesis literatur menunjukkan bahwa AR mampu merepresentasikan peristiwa sejarah Islam secara imersif, mempermudah pemahaman konsep abstrak, dan memperkuat relevansi kurikulum Pendidikan Agama Islam. Validasi ahli dan respon siswa mengonfirmasi kelayakan tinggi, dengan dampak positif terhadap partisipasi dan interaksi belajar. Bukti empiris juga memperlihatkan peningkatan signifikan pada aspek kognitif, afektif, dan motivasi siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa AR merupakan inovasi pedagogis potensial yang dapat mentransformasi pembelajaran sejarah Islam menjadi lebih interaktif, kontekstual, dan bernilai, sekaligus mendukung penguasaan literasi digital dan keterampilan abad ke-21.

Downloads

Published

2025-09-10

Issue

Section

Articles