Efektivitas Penggunaan Aplikasi InVideo terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI
DOI 10.58569/jies.v4i1.1325
DOI:
https://doi.org/10.58569/jies.v4i1.1325Keywords:
Aplikasi InVidio, Penigkatan Mnat Belajar, PAIAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Bakti yang seringkali dianggap monoton karena masih didominasi oleh metode konvensional berupa ceramah dan penugasan tertulis. Rata-rata capaian pada pembelajaran PAI hanya 50% dengan jumlah siswa 30 dikelas VII. Perkembangan teknologi digital memberikan peluang baru bagi guru untuk menghadirkan suasana belajar yang lebih menarik melalui pemanfaatan aplikasi berbasis media, salah satunya InVideo, yang memungkinkan pembuatan konten video kreatif, interaktif, dan mudah diakses oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi InVideo terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengen pendekatan quasi experiment dengan desain pre-test dan post-test control group. Subjek penelitian adalah siswa tingkat menengah yang mengikuti mata pelajaran PAI. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi aktivitas belajar, serta wawancara dengan guru dan siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai dampak penggunaan aplikasi InVideo. Hasil penelitian ini, bahwa penggunaan aplikasi InVideo dalam pembelajaran PAI efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa, serta mampu menjadi alternatif media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik generasi digital.