MANAJEMEN SEKOLAH UNTUK MENCAPAI SEKOLAH UNGGUL YANG MENYENANGKAN: STUDI KASUS DI TKQ BANI AHMAD, JAKARTA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.58569/ilma.v3i1.1063Keywords:
Sekolah menyenangkan, kepemimpinan kepala sekolah manajemen sekolah, TKQAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan sekolah yang menyenangkan di TKQ BANI Ahmad. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, dan analisis data menggunakan analisis interaktif melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TKQ BANI Ahmad merupakan sekolah yang menyenangkan baik dari segi kepemimpinan kepala sekolah, dukungan pendidik dan tenaga kependidikan, kegiatan pembelajaran, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana. Kajian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah merupakan indikator yang paling utama dalam mewujudkan sekolah unggul yang menyenangkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azmy Ali Muchtar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.