PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI PADA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM SYEKH-YUSUF TANGERANG-INDONESIA

Indonesia

Authors

  • Muniroh Muniroh Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.58569/ilma.v3i2.1134

Keywords:

pendidikan karakter Islami, kurikulum Islami, pembinaan spiritual, keteladanan dosen, Universitas Islam Syekh-Yusuf.

Abstract

Pendidikan karakter Islami merupakan upaya strategis dalam menciptakan mahasiswa yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki akhlak yang mulia sesuai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter Islami di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Syekh-Yusuf Tangerang melalui tiga fokus utama, yaitu: (1) integrasi nilai-nilai Islami dalam kurikulum (Abdullah, 2023), (2) pelaksanaan pembinaan spiritual melalui kegiatan keagamaan terstruktur, seperti kajian rutin dan pembacaan Al-Qur'an (Hasanah & Rahmat, 2023), dan (3) penerapan keteladanan dosen sebagai model perilaku Islami yang diikuti mahasiswa (Suryana, 2024) dan (4) penguatan kegiatan ekstrakurikuler berbasis nilai Islami.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa ketiga indikator tersebut memiliki peran signifikan dalam menginternalisasi nilai-nilai Islami pada mahasiswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sinergi antara fakultas, mahasiswa, dan masyarakat untuk memperkuat pendidikan karakter Islami sebagai dasar pembentukan generasi Islami yang unggul.

Downloads

Published

2025-03-20