PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA SISWA DI MA AL-WATHONIYAH 14 JAKARTA

Authors

  • Hasna Salsabila
  • Azmy Ali Muchtar Universitas Islam Jakarta
  • Mahdiyah Universitas Islam Jakarta
  • Khansa Firyal Asparina Universitas Islam Jakarta
  • Muhammad Faza Abror Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58569/ilma.v3i2.1194

Keywords:

Pendidikan, Motivator, Akhlak siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang hanya berperan sebagai pendidik yakni hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja tanpa memberikan motivasi dalam rangka membentuk akhlak siswanya menjadi lebih baik. Sehingga sering dijumpai siswa yang malas dalam belajar, akhlak siswa yang kurang baik terhadap guru maupun sesama siswa dalam hal perkataan, perbuatan, dan tingkah laku. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak siswa dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru pendidikan agama Islam sebagai motivator dalam membentuk akhlak siswa di MA Al- wathoniyah 14 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam, kepala sekolah, dan dua siswi kelas X MA Al-wathoniyah Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan langkah-langkah analisis yang dilakukan dalam penelitian kualitatif menurut Miles dan Huberman yaitu tahap pengumpulan data (data collection), tahap reduksi d ata (data reduction), tahap penyajian data (data display), tahap penarikan kesimpulan (conclusions: drawing/verifying). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama islam di MA Al-wathoniyah 14 Jakarta sudah berjalan mestinya. Terbukti dengan adanya peran guru sebagai motivator dapat menciptakan sekolah yang kondusif serta membentuk akhlak siswa. Dengan adanya program-program yang dilaksanakan di sekolah tersebut dapat mendorong atau merubah akhlak siswa. Di antaranya seperti program Tahsin, tahfidz, sholat dhuha berjamaah embiasakan berperilaku sopan santun, menghargai dan menghormati orang lain, faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak siswa dari faktor internal meliputi kebiasaan dan keinginan atau kemauan keras serta faktor eksternal yaitu dari lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi dalam pembentukan akhlak

Downloads

Published

2025-03-20