Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Hadits

Authors

  • Fia Salsa Febrianti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Romlah AbubakarAskar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Abdul Ghofur UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.58569/ilma.v4i1.1214

Keywords:

Kompetensi, Guru PAI, Hadits

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru PAI menurut pandangan hadits. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan adalah content analysis. Sumber data primer yang digunakan pada penelitian ini adalah hadits-hadits yang berkaitan dengan kompetensi pendidik. Sumber tambahan yang digunakan adalah buku, jurnal, serta dokumen lain yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008 terdapat empat kompetensi yang harus dimiliki seorang pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional. Kompetensi guru PAI yang ditemukan dalam hadits adalah dalam ranah pedagogik guru harus mampu memahami psikologi peserta didik, dalam ranah sosial pendidik harus memiliki sifat toleransi dan bijaksana, dalam ranah kepribadian pendidik harus menjadi suri tauladan yang baik dengan mencontoh akhlak Nabi Muhammad saw., dan dalam ranah profesional pendidik harus mampu bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi acuan guru khususnya guru PAI dalam meningkatkan kompetensi sebagai pendidik yang merujuk pada hadits sehingga memberikan dampak pada kualitas pendidikan dan tujuan pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci: kompetensi, guru PAI, hadits.

Downloads

Published

2025-09-25

Issue

Section

Articles