PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN KITAB ALA LA DI PONDOK PESANTREN HAYATINNUR BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.454Abstract
Tujuan diselenggarakannya penelitian di Pondok Pesantren Hayatinnur Bekasi adalah untuk mendeskripsikan pendidikan karakter pada pembelajaran kitab Ala la. Pondok pesantren merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada pada lingkungan masyarakat Indonesia dengan model pembinaan yang sarat dengan pendidikan nilai, baik nilai agama maupun nilai-nilai luhur bangsa. Sehingga pesantren menjadi sebuah lembaga yang sangat efektif dalam pengembangan pendidikan karakter (akhlak) peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan karakater dalam kitab Ala la. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) kitab Ala la membahas persoalan mengenai pendidikan karakter santri, salah satunya yaitu karakter yang harus dimiliki orang yang menuntut ilmu, sabar dalam hal ini adalah pengendalian diri, yaitu menahan emosi, memaafkan kesalahan, dan berpikir panjang, kemudian selalu bertahan dalam situasi sulit tanpa mengeluh, ulet, dan bekerja keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (2) pelaksanaan pembelajaran menitikberatkan pada kemampuan guru dalam menyampaiakan materi dengan menggunakan metode ceramah, keteladanan dan pembiasaan