KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI (AUD) MELALUI KEGIATAN BERCERITA DI RA CIKAL CENDEKIA SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Atiqotul Alfariha STAI Yasba Kalianda

DOI:

https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.532

Keywords:

Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini (AUD), Kegiatan Bercerita

Abstract

Bahasa adalah aspek perkembangan yang penting bagi anak usia dini. Kegiatan Bercerita menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua untuk mengoptimalkan kemampuan anak dalam berbicara. Dengan bercerita, guru dan orang tua mampu mengomunikasikan apa saja melalui Bahasa yang bisa menyentuh di hati anak , dengan adanya interaksi yang intens melalui kegiatan bercerita anak akan lebih sering memperhatikan ekpresi, mimic, dan Bahasa tubuh yang diungkapakn oleh pencerita dari sebuah cerita. Dengan bercerita anak akan mampu mengungkapkan sesuai imajinasi mereka tentang bagaimana dan cerita apa yang sedang mereka perdengarkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan beberapa sumber seperti observasi, buku, jurnal dan internet. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kegiatan bercerita yang merupakan program semsester pada RA Cikal Cendekia Sidomulyo Lampung Selatan sangat bepengaruh dalam kemampuan berbicara pada anak. Anak dengan interaksi yang intens dalam bercerita, menumbuhkan imajinasi, serta menumbuhkan rasa ingin tahu pada diri mereka, dengan begitu anak akan banyak bertanya tentang apa dan bagaimana cerita itu terjadi.

Published

2023-03-17

Issue

Section

Articles