PENERAPAN AUTENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN DI SMA DHARMA WANITA PARE

Authors

  • Ishak Syairozi

DOI:

https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.572

Keywords:

Pembelajaran, Penilaian, Autentic Assesment, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan penilaian autentik (authentic assessment) terhadap penilaian proses hasil belajar peserta didik di SMA Dharma Wanita pada pelajaran bidang studi biologi. Metode penelitian yang digunakan Kualitatif (field research) yang bersifat deskriptif. Dalam penggalian dan pengumpulan data, serta analisa data secara mendalam dilakukan dengan empat tahapan: Pertama, orientasi atau deskripsi. Kedua, reduksi atau focus bahasan. Ketiga, seleksi data terkumpul. Keempat, melakukan analisis yang mendalam terhadap data informasi sehingga diperoleh makna. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Guru mata pelajaran biologi khususnya, dan umumnya guru di SMAS Dharma Wanita telah menerapkan authentic assessment. Penerapan authentic assesment dilakukan dengan program perencanaan, pelaksanaan, dan laporan. Pelaksanaan authentic assessment didukung oleh beberapa hal, diantaranya: manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah, SDM Guru dalam membuat perangkat pembelajaran, dan Sarana yang ada di sekolah.

 

Published

2023-03-17

Issue

Section

Articles