IMPLEMENTASI PERENCANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DI SMPN 156 JAKARTA PUSAT
DOI:
https://doi.org/10.58569/ilma.v2i2.931Keywords:
Education, students, assessmentAbstract
Penilaian didefinisikan sebagai pengumpulan data secara sistematis melalui aktivitas ekstensif yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengevaluasi kinerja siswa dan mengidentifikasi potensi mereka untuk belajar. baik sendirian atau berkelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dengan jenis Studi Kepustakaan Library Research. Hasil dari penelitian Perencanaan Penilaian hasil belajar siswa ini terbagi menjadi 3 Aspek , Yaitu Aspek Kognitif , Aspek Afektif , dan Aspek Psikomotorik , ketiganya merupakan bagian penting dari kurikulum dan penting untuk menjamin keberhasilan dan efektivitas pembelajaran. Mengembangkan tujuan pembelajaran bagi siswa tidak hanya mengenai pembelajaran akademis saja, namun juga mengenai pendekatan pembelajaran secara personal. Mengingat penilaian merupakan proses yang memiliki banyak segi, maka peran guru sebagai evaluator kualitas membantu dalam meningkatkan kualitas siswa. Singkatnya, penilaian adalah pengumpulan data secara sistematis dari serangkaian kegiatan yang dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi kinerja siswa dan menentukan kemampuan belajarnya. Sebagai bagian penting dari pendidikan, guru perlu berkomitmen penuh
Kata Kunci: Pendidikan, peserta didik, penilaian
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Radi Ahnaf Prayogi, Maria Ulfah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.