Pengenalan Basic English morphology (Morfologi Bahasa Inggris Dasar) dan Vocabulary (Kosakata) bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII melalui Fun learning (Pembelajaran Menyenangkan)
Introducing Basic English morphology and Vocabulary to Seventh Graders Through Fun learning
DOI:
https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.1011Keywords:
Bahasa Inggris, Kosakata, Morfologi, Pembelajaran MenyenangkanAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengenalkan Morfologi Bahasa Inggris Dasar dan Kosakata bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII melalui Fun learning yang menggabungkan unsur permainan dan aktivitas interaktif. Fun learning, yang memanfaatkan media audiovisual dan permainan seperti tebak gambar dan tebak suara, diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap Morfologi Bahasa Inggris Dasar dan Kosakata. Siswa tidak hanya lebih mudah menguasai materi, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kerjasama yang lebih baik. Pendekatan ini juga memberikan dampak positif bagi guru, memungkinkan terciptanya suasana kelas yang dinamis dan kreatif. Kesimpulannya, fun learning adalah metode yang efektif untuk pengajaran bahasa Inggris di tingkat MTS, memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan kreatif
Downloads
References
Hunt, A., dan D. Beglar. “A framework for developing EFL reading vocabulary.” Reading in a Foreign Language 17, no. 1 (2005): 23–59.
Kurniawati, D., dan Wijayanti. “Kesulitan dan strategi belajar vocabulary siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha 6, no. 2 (2018). https://doi.org/10.23887/jpbiundiksha.v6i2.15471.
Lestari, R. “Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bahasa Inggris siswa MTS.” Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2020). https://doi.org/10.28990/jpi.v1i1.86.
Nation, I.S.P. Learning vocabulary in another language. Cambridge: Cambridge University Press, 2001.
Rachmadtullah, R., N. Rohmah, dan A. Rosyid. “Penerapan game tebak gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris.” Journal of Teaching and Education 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.23897/jte.5.2.43-50.
Rohmah, N., S. Putri, dan Irwansyah. “Penggunaan permainan teka-teki suara untuk meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris.” Journal of Education and Learning 11, no. 1 (2022): 64–70. https://doi.org/10.1515/jel-2022-0006.
Simorangkir, I. M., Y. S. Zaimar, dan Y. M. Passandaran. “Kegiatan Fun English Bagi AnakAnak Di Panti Asuhan Ciangsana Bogor.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 6, no. 2 (2022): 682. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i2.832.
Soelistyo, F. “Mendeskripsikan persepsi guru terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa di MTsN 1 Semarang.” Jurnal Pendidikan Humaniora 8, no. 1 (2020): 101–13. https://doi.org/10.22216/jph.v8i1.4085.
Suryani, N. “Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukorejo.” Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha 6, no. 1 (2018). https://doi.org/10.23887/jpbiundiksha.v6i1.11890.
Sya’bani, R., A. Rahmadi, dan Muhajir. “Mendengarkan dan tulisan dalam belajar kosakata bahasa Inggris.” Lingual 14, no. 2 (2022): 75–82. https://doi.org/10.30957/lingual.v14i2.723.
Tri Ananda, Herwin, dan Safiruddin Al Baqi. “Program Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Pendekatan Active And Fun Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 1, no. 2 (25 Agustus 2021): 273–84. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1313.
Zaeni, Abu. “Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2, no. 3 (2021): 2721–7078. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alvin Maulana, Zaitun Qamariah, Sabarun Sabarun, Akhmad Ali Mirza
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.