Upaya Meningkatkan Aktivitas Sosial Keagamaan Santri untuk Mencegah Bullying dalam Perspektif Islam di Pondok Pesantren Al-Ihsan

Efforts to Improve Students' Socio-Religious Activities to Prevent Bullying from an Islamic Perspective at Al-Ihsan Islamic Boarding School

Authors

  • Madian Muhammad Muchlis Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Siti Uswatun Khasanah Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Nahuda Nahuda Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1175

Keywords:

Bullying, Aktivitas Sosial Keagamaan, Santri

Abstract

Santri sebagai generasi muda di pondok pesantren memiliki peran strategis dalam membangun kehidupan sosial dan keagamaan. Namun, perilaku bullying yang terjadi di lingkungan pesantren dapat menghambat pengembangan karakter santri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan aktivitas sosial keagamaan santri untuk mencegah bullying dalam perspektif Islam di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi interaktif untuk memberikan pemahaman tentang bahaya bullying serta dampaknya terhadap kesehatan fisik, mental, dan kehidupan beragama. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman santri tentang dampak negatif bullying, perubahan sikap ke arah lebih positif, dan tumbuhnya komitmen untuk menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam keseharian. Kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan pesantren yang lebih kondusif, bebas bullying, dan meningkatkan keterlibatan aktif santri dalam aktivitas sosial-keagamaan. Disimpulkan bahwa penyuluhan perspektif Islam tentang bullying efektif dalam mengembangkan karakter positif dan memperkuat aktivitas sosial keagamaan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Eka, and Afrinaldi Afrinaldi. “Dampak Bullying Verbal Terhadap Perilaku Siswa Di Sma Negeri 3 Payakumbuh.” Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora 1, no. 1 (January 6, 2023): 72–82. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i1.34.

Aisah, Siti, and Mawi Khusni Albar. “Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari ­ Q.S Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir.” Arfannur 2, no. 1 (December 9, 2021): 35–46. https://doi.org/10.24260/arfannur.v2i1.166.

Astuti, Ponny Retno. Meredam Bullying : 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan Pada Anak. Jakarta: Grasindo, 2008.

Bahri, Saiful. Membumikan Pendidikan Akhlak: Konsep, Strategi Dan Aplikasi. Sumatra Barat: Mitra Cendekia Media, 2023.

Budiman, Arief, and Fitroh Asriyadi. Perilaku Bullying Pada Remaja Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Banyumas: CV. Pena Persada, 2021.

Elaine, Meilita. “KPAI Ungkap Sekitar 3.800 Kasus Perundungan Sepanjang 2023, Hampir Separuh Terjadi Di Lembaga Pendidikan.” Suara Surabaya (blog), 2024. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2024/kpai-ungkap-sekitar-3-800-kasus-perundungan-sepanjang-2023-hampir-separuh-terjadi-di-lembaga-pendidikan/.

Fauziah, Dini Rizqi. “Bullying Dalam Perspektif Ke-Islaman.” Islamic Education 1, no. 3 (2023): 642–54. https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/602.

Jalaludin. Psikologi Agama. 1st ed. Vol. 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2021.

Kurnianingrum, Trias Palupi. “Darurat Kasus Perundungan Anak Di Dunia Pendidikan Indonesia.” Bidang Kesejahteraan Rakyat INFO SINGKAT(Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis) XV, no. 19/I/Pusaka/Oktober/2023 (2023): 21–25.

Mufidah, Diina. “Integrasi Nilai-Nilai Islami Dan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Sikap Prososial Berbasis Tri Sentra Pada Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang.” Pena Edukasia 1, no. 1 (November 20, 2022): 73–87. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.25.

Muntolib, Muntolib, Sapiudin Sidik, Muhammad Zuhdi, and Armai Arief. “Model Pesantren Tanpa Perundungan Dalam Pembentukan Santri Milenial.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 3 (2024): 1863–74. https://doi.org/10.56832/edu.v4i3.579.

Rosadi, Khumaini, and Noor Malihah. “Pendidikan Agama Islam Dalam Pencegahan Perundungan Pada Pondok-Pondok Pesantren Di Indonesia.” NABAWI : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 1, no. 2 (2024): 134–52. https://ejournal.stitsyambtg.ac.id/index.php/nabawi/article/view/55.

Sahal, Uswah. “Viral Santri Di Kediri Meninggal Diduga Dianiaya Senior, Ini Kata Pakar Anak UM Surabaya.” Universitas Muhammadiyah Surabaya (blog), 2024. https://www.um-surabaya.ac.id/article/viral-santri-di-kediri-meninggal-diduga-dianiaya-senior-ini-kata-pakar-anak-um-surabaya.

Tafiati, Heli, M. Aris Syaifuddin, Diah Asih Sukesi, Sumarsono, Ginanjar Bachtiar, Erika Widiastuti, Retno Widjiningsih, Anggin Nuzula Rahma, and Rahmi Umaira Arlym. STOP Perundungan/Bullying Yuk! Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar, 2021.

Wiyani, Novan A. Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Published

2025-06-30

How to Cite

Muchlis, M. M., Khasanah, S. U., & Nahuda, N. (2025). Upaya Meningkatkan Aktivitas Sosial Keagamaan Santri untuk Mencegah Bullying dalam Perspektif Islam di Pondok Pesantren Al-Ihsan: Efforts to Improve Students’ Socio-Religious Activities to Prevent Bullying from an Islamic Perspective at Al-Ihsan Islamic Boarding School. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 72–84. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1175