Upaya Meningkatkan Aktivitas Sosial Keagamaan Santri Untuk Mencegah Bullying Dalam Perspektif Islam Di Pondok Pesantren Al-Ihsan

Efforts To Improve Students' Socio-Religious Activities To Prevent Bullying From An Islamic Perspective At Al-Ihsan Islamic Boarding School

Authors

  • Madian Muhammad Muchlis Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Siti Uswatun Khasanah Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Nahuda Nahuda Program Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1175

Keywords:

Bullying, Aktivitas Sosial Keagamaan, Santri

Abstract

Santri sebagai generasi muda di pondok pesantren memiliki peran strategis dalam membangun kehidupan sosial dan keagamaan. Namun, perilaku bullying yang terjadi di lingkungan pesantren dapat menghambat pengembangan karakter santri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan aktivitas sosial keagamaan santri untuk mencegah bullying dalam perspektif Islam di Pondok Pesantren Al-Ihsan. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi interaktif untuk memberikan pemahaman tentang bahaya bullying serta dampaknya terhadap kesehatan fisik, mental, dan kehidupan beragama. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman santri tentang dampak negatif bullying, perubahan sikap ke arah lebih positif, dan tumbuhnya komitmen untuk menerapkan nilai-nilai akhlakul karimah dalam keseharian. Kegiatan ini berhasil menciptakan lingkungan pesantren yang lebih kondusif, bebas bullying, dan meningkatkan keterlibatan aktif santri dalam aktivitas sosial-keagamaan. Disimpulkan bahwa penyuluhan perspektif Islam tentang bullying efektif dalam mengembangkan karakter positif dan memperkuat aktivitas sosial keagamaan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, S., & Albar, M. K. (2021). Telaah Nilai-Nilai Pendidikan Sosial Dari QS Al Hujurat: 11-13 Dalam Kajian Tafsir. Arfannur, 2(1), 35–46.

Astuti, R. P. (2008). Cara Meredam Bullying (How to Reduce Bullying), Jakarta: PT. Gramedia Widasarana Indonesia.

Bahri, S. (2023). MEMBUMIKAN PENDIDIKAN AKHLAK: Konsep, Strategi, dan Aplikasi (W. Widiyana, Ed.; 1st ed.). Mitra Cendekia Media.

Budiman, A. (2021). Perilaku Bullying pada Remaja dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.

Elaine, M. (2024, March 2). KPAI Ungkap Sekitar 3.800 Kasus Perundungan Sepanjang 2023, Hampir Separuh Terjadi di Lembaga Pendidikan. Suara Surabaya.

Fauziah, D. R. (2023). Bullying Dalam Perspektif Ke-Islaman. Islamic Education, 1(3), 642–654.

Jalaludin. (2021). Psikologi agama (1st ed., Vol. 1). Raja Grafindo Persada.

Mufidah, D. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islami dan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Prososial Berbasis Tri Sentra pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Pena Edukasia, 1(1), 73–87. https://doi.org/10.58204/pe.v1i1.25

RI, B. K. D. P. R., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (n.d.). DARURAT KASUS PERUNDUNGAN ANAK DI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA.

Rosadi, K., & Malihah, N. (2024). Pendidikan Agama Islam dalam Pencegahan Perundungan pada Pondok-Pondok Pesantren di Indonesia. NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 134–152.

Sahal, U. (2024, February 28). Viral Santri di Kediri Meninggal Diduga Dianiaya Senior, Ini Kata Pakar Anak UM Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Sidik, S., Zuhdi, M., & Arief, A. (2024). Model Pesantren Tanpa Perundungan dalam Pembentukan Santri Milenial. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(3), 1863–1874.

Supriyatno, S., Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, S., Bachtiar, G., Widiastuti, E., Widjiningsih, R., Rahma, A. N., & Arlym, R. U. (2021). STOP perundungan/bullying yuk! Direktorat Sekolah Dasar.

Published

2025-06-30

How to Cite

Muchlis, M. M., Khasanah, S. U., & Nahuda, N. (2025). Upaya Meningkatkan Aktivitas Sosial Keagamaan Santri Untuk Mencegah Bullying Dalam Perspektif Islam Di Pondok Pesantren Al-Ihsan: Efforts To Improve Students’ Socio-Religious Activities To Prevent Bullying From An Islamic Perspective At Al-Ihsan Islamic Boarding School. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 72–83. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1175