Pemberdayaan Perempuan melalui Inovasi Kuliner: Strategi Peningkatan Penghasilan dengan Usaha Crispy Banana Katz

Women's Empowerment through Culinary Innovation: Strategies to Increase Income with Crispy Banana Katz's Business

Authors

  • Diah Ayu Sanggarwati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Cucu Hayati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia
  • Sri Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1181

Keywords:

Ekonomi Inklusif, Inovasi Kuliner, Kewirausahaan, Pemberdayaan Perempuan, TPBIS

Abstract

Peningkatan partisipasi ekonomi perempuan merupakan prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045. Salah satu pendekatan strategisnya adalah pemberdayaan melalui kewirausahaan berbasis potensi lokal. Program “Kreatif & Mandiri: Meningkatkan Penghasilan Perempuan Berdaya Lewat Usaha Crispy Banana Katz” dirancang sebagai bentuk sinergi antara akademisi STIE Mahardhika Surabaya dan Dinas Perpustakaan Kota Mojokerto dalam mendukung Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Partisipatory Action Research (PAR), yang meliputi langkah-langkah identifikasi masalah, analisis mendalam, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan melalui ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung, yang diikuti oleh 35 peserta perempuan dari berbagai latar belakang, mulai ibu rumah tangga, pustakawan, hingga mahasiswi. Tujuan pelatihan untuk mengembangkan usaha berbasis bahan lokal, pisang, menjadi produk kekinian yang bernilai jual tinggi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi wirausaha bagi peserta sehingga membentuk komunitas wirausaha perempuan yang saling mendukung dan mendorong kemandirian ekonomi di tingkat rumah tangga. Rekomendasi tindak lanjut meliputi pendampingan berkelanjutan, akses pasar, jejaring wirausaha, replikasi program, serta pemantauan rutin untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). “Metodologi Pengabdian Masyarakat.” Vol. I (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Eds.). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). “Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice Di Kota Padang.” EcoGen, 2(3), 270–279. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7333/3413

Angelica, G., & Dewi, B. K. (2023, January 13). “4 Alasan Pentingnya Inovasi Saat Merintis Bisnis Kuliner.” https://umkm.kompas.com/read/2023/01/13/161450783/4-alasan-pentingnya-inovasi-saat-merintis-bisnis-kuliner.

Angelica, P., & Hadi, A. (2024). “Perhitungan Harga Pokok Produksi dan Harga Pokok Penjualan Terhadap Laba Bersih (Studi Kasus Pabrik Tempe Istiqomah Bandar Lampung).” Jurnal EMT KITA, 8(2), 637–644. https://doi.org/10.35870/emt.v8i2.2189

Ariadne, E. (2018). “Pelatihan Design Thinking Melalui Branding Canvas Pada UMKM Jank Daniel’s di Kabupaten Bandung Barat.” https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11526.11847

Atul Dhingra, G., & Shailika Sharma, N. G. (2021). “Women Agripreneurs: Problems and Prospects in SAARC Countries.” International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 10(2), 2362–2369. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2021.1002.280

Azis, M. A. H., & Effendy, L. (2024). “Pengaruh Literasi Keuangan, Sumber Daya Manusia dan Teknologi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM.” Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), 116–132. https://doi.org/10.53682/jaim.vi.8756

Devi, S. K., & Wibasuri, A. (2024). “Mengoptimalkan Koneksi: Strategi Pemasaran Digital yang Efektif Untuk Era Industri 4.0.” Derivatif : Jurnal Manajemen, 18(2), 288–294.

Dunggio, S., Abdussamad, J., Dance Tui, F. P., & Abdussamad, S. (2024). “Keterlibatan Perempuan dalam Pengembangan UMKM Kue Sukade di Desa Tunggulo Selatan: Peluang dan Tantangan.” Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–41. https://doi.org/10.59713/ejppm.v2i1.1096

Fauza, A. S., Putra, F. A. A., Masuara, T. M. D., Bahi, A. A. P. & Annur, G. Y. (2024). “Pendampingan Pendaftaran Sertifikat Halal Bagi UMKM Desa Pasir jambu Ciwidey.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 4(2), 90-104. https://doi.org/10.46257/jal.v4i2.1099

Garima., Atul Dhingra., Nitin Goyal & Shailika Sharma. (2021). Women Agripreneurs: Problems and Prospects in SAARC Countries. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, 10(2), 2362–2369. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2021.1002.280

Ge, T., Abbas, J., Ullah, R., Abbas, A., Sadiq, I., & Zhang, R. (2022). “Women’s Entrepreneurial Contribution to Family Income: Innovative Technologies Promote Females’ Entrepreneurship Amid COVID-19 Crisis.” Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.828040

Kader, M. A., Toto, T., Puspita, E., Cahyani, I., & Pauji, I. H. (2025). “Penerapan Digital Marketing Dan Pembuatan NIB Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Abdi Insani, 12(1), 23–31. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.1626

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2024, September 25). “Kemen PPPA: Pemerintah Perjuangkan Kesetaraan Gender melalui RPJPN 2025 - 2045.” Siaran Pers Nomor: B-291/SETMEN/HM.02.04/09/2024. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTQwMg==

Latipah, I. (2020). “Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha.” Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 83–90.

Meyer, C. (2020). “The Commons: A Model For Understanding Collective Action and Entrepreneurship In Communities.” Journal of Business Venturing, 35(5), 106034. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2020.106034

Musnaini, ), Ketut Mudhita, I., Asrini, ), Manajemen, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Jambi, U., Peternakan, P., Pertanian, F., Antakusuma, U., & Tengah, K. (2022). “Pelatihan Budidaya dan Inovasi Produk Labu Madu Berbasis Hybrid Integratif Labu Madu Sebagai Potensi Manifestasi Ekonomi Kreatif Para Single Parent (Desa Binaan-SAPADU Kecamatan Kumpeh Ulu-Jambi).” Bakti Cendana Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 96–105. https://doi.org/https://doi.org/10.32938/bc.5.2.2022.96-105

Njuki, J., Eissler, S., Malapit, H., Meinzen-Dick, R., Bryan, E., & Quisumbing, A. (2022). “A review of evidence on gender equality, women’s empowerment, and food systems.” Global Food Security, 33, 100622. https://doi.org/10.1016/j.gfs.2022.100622

Nurhafifah Amalina, Pryobudi Purbosanjoyo, & Seto Makmur. (2022). “Penetapan Harga Jual Produk; Praktek Pada Industri UMKM.” Dirkantara Indonesia, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.55837/di.v1i1.16

Octaviani, N. (2023). “Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Peer to Peer Lending dan Payment Gateaway Terhadap Kinerja Keuangan UMKM di Kota Yogyakarta.” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(4), 1483–1498. https://doi.org/10.37606/publik.v10i4.856

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). “Model Participation Action Research dalam Pemberdayaan Masyarakat”. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Sanggarwati, D. A., & Hayati, C. (2024). “Entrepreuner Class : DIY Hantaran Pernikahan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto.” Jurnal Penamas Adi Buana, 7(02), 106–120. https://doi.org/10.36456/penamas.vol7.no02.a7777

Sanggarwati, D. A., Hayati, C., & Komariyah, F. (2024). “Kalkulasi Bijak, Keuntungan Optimal: Membangun Dasar Literasi Keuangan Kuat Untuk Usaha Baru dengan Penerapan Cost Plus Pricing.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 3632–3638. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/27230/10726

Setiawati, R. (2020). “Pelatihan Kewirausahaan dan Pengembangan Jiwa Kewirausahaan bagi Masyarakat Perkebunan/Pertanian dan Peternakan/Perikanan di Kabupaten Pacitan-Provinsi Jawa Timur.” E-Coops-Day Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Sholikhatin, S. A., Fitrianingsih, W., & Fujiyanti, F. (2022). “Strategi Pemasaran Digital Bagi Komunitas Digital Marketer Purwokerto.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1323. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10360

Sugiarto, B., Effendi, M. I., & Wardhani, N. I. K. (2021). “Inovasi dan Pengembangan Produk Olahan Makanan Kelompok Petani Pisang di Sendangmulyo. Pemberdayaan Masyarakat pada Masa Pandemi Sebagai Implementasi Bela Negara,” 74–82. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/psnpm.v2i1.6150

Suseno, Y., & Abbott, L. (2021). “Women Entrepreneurs’ Digital Social Innovation: Linking Gender, Entrepreneurship, Social Innovation and Information Systems.” Information Systems Journal, 31(5), 717–744. https://doi.org/10.1111/isj.12327

Sutter, C., Bruton, G. D., & Chen, J. (2019). “Entrepreneurship As A Solution To Extreme Poverty: A Review and Future Research Directions.” Journal of Business Venturing, 34(1), 197–214. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2018.06.003

Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang “Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025–2045.” (2024).

Utaminingsih, A. (2016). “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara.” Media Ekonomi Dan Manajemen,” 31(2), 77–87. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24856/mem.v31i2.411

Wanti, A. K., Manihuruk, H., Maryam, S., Istiyanto, B., Matondang, N., & Ridwan, R. (2023). “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Meningkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Home Industri Rumah Tangga Melalui Digital Marketing.” IKRA-ITH ABDIMAS, 7(3), 307–313. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v7i3.3061

Wijaya, L. (2022, August 23). “Inovasi dan Kreatifitas yang Perlu Dilakukan dalam Bisnis Kuliner.” https://koinworks.com/strategi-bisnis/kuliner/inovasi-dan-kreatifitas-yang-perlu-dilakukan-dalam-bisnis-kuliner/

Windianingsih, A., Muhaimin, & Rekarini, R. A. (2024), “Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran bagi UKM Suku Baduy di Provinsi Banten.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.1028

Winona, T., Anabel, V., & Simanjuntak, D. C. (2022). “Obtaining Preferences From A Hybrid Learning System To Promote English-Speaking Ability Through Focus Group Discussion.” JOLLT Journal of Languages and Language Teaching, 10(2), 118. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.4994

Yuniawati, R. A. (2021). “Pemberdayaan Perempuan dalam Membangun Kemandirian Ekonomi.” SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 169–173. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4861/3586

Yunis, M. S., Hashim, H., & Anderson, A. R. (2018). “Enablers and Constraints of Female Entrepreneurship in Khyber Pukhtunkhawa, Pakistan: Institutional and Feminist Perspectives. Sustainability,” 11(1), 27. https://doi.org/10.3390/su11010027

Yustitia, E., & Adriansah, A. (2022). “Pendampingan Penentuan Harga Pokok Produksi (HPP) dan Harga Jual pada UMKM di Desa Sawahkulon.” Jurnal Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v3i1.2506

Zulkarnain, R. (2024). “Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02). https://doi.org/https://10.47080/abdikarya.v5i02.2938.

Published

2025-06-30

How to Cite

Sanggarwati, D. A., Hayati, C., & Lestari, S. (2025). Pemberdayaan Perempuan melalui Inovasi Kuliner: Strategi Peningkatan Penghasilan dengan Usaha Crispy Banana Katz: Women’s Empowerment through Culinary Innovation: Strategies to Increase Income with Crispy Banana Katz’s Business. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 46–62. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1181