Pemberdayaan Perempuan melalui Inovasi Kuliner: Strategi Peningkatan Penghasilan dengan Usaha Crispy Banana Katz

Women's Empowerment through Culinary Innovation: Strategies to Increase Income with Crispy Banana Katz's Business

Authors

  • Diah Ayu Sanggarwati Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • Cucu Hayati Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia
  • Sri Lestari Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1181

Keywords:

Ekonomi Inklusif, Inovasi Kuliner, Kewirausahaan, Pemberdayaan Perempuan, TPBIS

Abstract

Peningkatan partisipasi ekonomi perempuan merupakan prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045. Salah satu pendekatan strategisnya adalah pemberdayaan melalui kewirausahaan berbasis potensi lokal. Program “Kreatif & Mandiri: Meningkatkan Penghasilan Perempuan Berdaya Lewat Usaha Crispy Banana Katz” dirancang sebagai bentuk sinergi antara akademisi STIE Mahardhika Surabaya dan Dinas Perpustakaan Kota Mojokerto dalam mendukung Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Partisipatory Action Research (PAR), yang meliputi langkah-langkah identifikasi masalah, analisis mendalam, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan melalui ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik langsung, yang diikuti oleh 35 peserta perempuan dari berbagai latar belakang, mulai ibu rumah tangga, pustakawan, hingga mahasiswi. Tujuan pelatihan untuk mengembangkan usaha berbasis bahan lokal, pisang, menjadi produk kekinian yang bernilai jual tinggi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kompetensi wirausaha bagi peserta sehingga membentuk komunitas wirausaha perempuan yang saling mendukung dan mendorong kemandirian ekonomi di tingkat rumah tangga. Rekomendasi tindak lanjut meliputi pendampingan berkelanjutan, akses pasar, jejaring wirausaha, replikasi program, serta pemantauan rutin untuk pengembangan usaha dan pemberdayaan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Mutmainnah Sudirman Jamilah, et al. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.

Anabel, Tan Winona Vania, and Debora Chaterin Simanjuntak. “Obtaining Preferences From A Hybrid Learning System To Promote English-Speaking Ability Through Focus Group Discussion.” Journal of Languages and Language Teaching 10, no. 2 (2022): 118. https://doi.org/10.33394/jollt.v%vi%i.4994.

Angelica, Gabriela, and Bestari Kumala Dewi. “4 Alasan Pentingnya Inovasi Saat Merintis Bisnis Kuliner.” UMKM Kompas (blog), 2023. https://umkm.kompas.com/read/2023/01/13/161450783/4-alasan-pentingnya-inovasi-saat-merintis-bisnis-kuliner.

Atul Dhingra, Garima, and Nitin Goyal Shailika Sharma. “Women Agripreneurs: Problems and Prospects in SAARC Countries.” International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences 10, no. 2 (February 20, 2021): 2362–69. https://doi.org/10.20546/ijcmas.2021.1002.280.

Azis, Muhammad Aulia Hibatullah, and Lukman Effendy. “Pengaruh Literasi Keuangan, Sumber Daya Manusia Dan Teknologi Keuangan Terhadap Kinerja UMKM.” Jurnal Akuntansi Manado (JAIM), April 29, 2024, 116–32. https://doi.org/10.53682/jaim.vi.8756.

Devi, Kurnia Sri, and Anggalia Wibasuri. “MENGOPTIMALKAN KONEKSI: STRATEGI PEMASARAN DIGITAL YANG EFEKTIF UNTUK ERA INDUSTRI 4.0.” Derivatif : Jurnal Manajemen 18, no. 2 (November 26, 2024): 288–94. https://doi.org/10.24127/jm.v18i2.2270.

Fauza, Annisa Sarah, Fadhil Athif Ananda Putra, Tahta Masita Dinanti Masuara, Arya Abdi Perdana Bahi, and Ghinia Yusri Annur. “Pendampingan Pendaftaran Sertifikat Halal Bagi UMKM Desa Pasirjambu Ciwidey: Halal Certificate Registration Assistance for MSMEs Pasirjambu Village Ciwidey.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak 4, no. 2 (December 31, 2024): 90–104. https://doi.org/10.46257/jal.v4i2.1099.

Ge, Taoan, Jaffar Abbas, Raza Ullah, Azhar Abbas, Iqra Sadiq, and Ruilian Zhang. “Women’s Entrepreneurial Contribution to Family Income: Innovative Technologies Promote Females’ Entrepreneurship Amid COVID-19 Crisis.” Frontiers in Psychology 13 (March 29, 2022): 828040. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.828040.

Kader, Mukhtar Abdul, Toto Toto, Endah Puspita, Ika Cahyani, and Irfan Hilmi Pauji. “PENERAPAN DIGITAL MARKETING DAN PEMBUATAN NIB SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM.” Jurnal Abdi Insani 12, no. 1 (January 30, 2025): 23–31. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.1626.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. “Kemen PPPA: Pemerintah Perjuangkan Kesetaraan Gender Melalui RPJPN 2025 - 2045.” Siaran Pers Nomor: B-291/SETMEN/HM.02.04/09/2024. Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (blog), 2024. https://www.kemenpppa.go.id/page/view/NTQwMg==.

Meyer, Camille. “The Commons: A Model for Understanding Collective Action and Entrepreneurship in Communities.” Journal of Business Venturing 35, no. 5 (September 2020): 106034. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2020.106034.

Njuki, Jemimah, Sarah Eissler, Hazel Malapit, Ruth Meinzen-Dick, Elizabeth Bryan, and Agnes Quisumbing. “A Review of Evidence on Gender Equality, Women’s Empowerment, and Food Systems.” Global Food Security 33 (June 2022): 100622. https://doi.org/10.1016/j.gfs.2022.100622.

Octaviani, Nita. “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, FINTECH PEER TO PEER LENDING Dan PAYMENT GATEAWAY TERHADAP KINERJA KEUANGAN UMKM Di Kota Yogyakarta.” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik 10, no. 4 (November 30, 2023): 1483–98. https://doi.org/10.37606/publik.v10i4.856.

Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (January 15, 2020): 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 59 Tahun 2024 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2025-2045.

Sanggarwati, Diah Ayu, Cucu Hayati, and Fitri Komariyah. “Kalkulasi Bijak, Keuntungan Optimal: Membangun Dasar Literasi Keuangan Kuat Untuk Usaha Baru Dengan Penerapan Cost plus Pricing.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 8, no. 4 (2024): 3632–38. https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.27230.

Sugiarto, Bambang, Mohamad Irhas Effendi, and Nuruni Ika Kusuma Wardhani. “Inovasi Dan Pengembangan Produk Olahan Makanan Kelompok Petani 73 Pisang Di Sendangmulyo.” In SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT KE-7. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, 2021.

Suseno, Yuliani, and Ling Abbott. “Women Entrepreneurs’ Digital Social Innovation: Linking Gender, Entrepreneurship, Social Innovation and Information Systems.” Information Systems Journal 31, no. 5 (September 2021): 717–44. https://doi.org/10.1111/isj.12327.

Sutter, Christopher, Garry D. Bruton, and Juanyi Chen. “Entrepreneurship as a Solution to Extreme Poverty: A Review and Future Research Directions.” Journal of Business Venturing 34, no. 1 (January 2019): 197–214. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2018.06.003.

Wanti, Ana Kus, Hermina Manihuruk, Siti Maryam, Bekti Istiyanto, Nurhafifah Matondang, and Ridwan Ridwan. “Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Usaha Ekonomi Kreatif Home Industri Rumah Tangga Melalui Digital Marketing.” IKRA-ITH ABDIMAS 7, no. 3 (October 18, 2023): 307–13. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v7i3.3061.

Windianingsih, Agustin, Muhaimin Muhaimin, and Ratih Ayu Sekarini. “Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran Bagi UKM Suku Baduy Di Provinsi Banten: Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran Bagi UKM Suku Baduy Di Provinsi Banten.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak 4, no. 1 (July 31, 2024): 35–42. https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.1028.

Yuniawati, Rizqy Aiddha. “PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5, no. 1 (December 6, 2021): 169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861.

Yunis, Mohammad Sohail, Hina Hashim, and Alistair R. Anderson. “Enablers and Constraints of Female Entrepreneurship in Khyber Pukhtunkhawa, Pakistan: Institutional and Feminist Perspectives.” Sustainability 11, no. 1 (December 21, 2018): 27. https://doi.org/10.3390/su11010027.

Published

2025-06-30

How to Cite

Sanggarwati, D. A., Hayati, C., & Lestari, S. (2025). Pemberdayaan Perempuan melalui Inovasi Kuliner: Strategi Peningkatan Penghasilan dengan Usaha Crispy Banana Katz: Women’s Empowerment through Culinary Innovation: Strategies to Increase Income with Crispy Banana Katz’s Business. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 46–61. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1181