Pelatihan Storytelling sebagai Strategi Pemasaran bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Storytelling Training as a Marketing Strategy for High School Students

Authors

  • Putri Rindu Kinasih Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Suwarni Wijaya Halim Program Studi Bahasa Inggris, Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1195

Keywords:

Bahasa Inggris, Bercerita, Bisnis, Narasi, Pemasaran

Abstract

Kemampuan bercerita (storytelling) memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis guna menciptakan dinamika belajar yang efektif melalui keterlibatan siswa yang aktif di kelas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan storytelling sebagai strategi pemasaran dalam konteks Business English. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pelatihan mengenai pemanfaatan storytelling dalam bidang pemasaran, khususnya di jenjang pendidikan menengah. Pelatihan ini dilaksanakan di SMA FONS VITAE 1 Jakarta dengan melibatkan 16 siswa dari English Club, yang berasal dari kelas X hingga XII. Metode pelatihan meliputi pemberian materi interaktif, studi kasus, diskusi kelompok, dan praktik membuat konten pemasaran berbasis storytelling. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep storytelling secara lebih aplikatif dan menyadari bahwa pendekatan naratif dalam pemasaran dapat memperkuat hubungan antara merek dan audiens, sekaligus mendorong loyalitas serta keterlibatan emosional konsumen. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menanamkan pemahaman strategi pemasaran modern berbasis bahasa Inggris di kalangan pelajar sekolah menengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonso, Maria. “The Power Of Storytelling In Modern Marketing.” FORBES (Jersey), 2023.

Anna, Lusia Kus. “Jago Teknologi, Apa Pekerjaan Yang Kelak Dipilih Generasi Alfa?” Www.Lifestyle.Kompas.Com (Jakarta), February 7, 2020.

Chen, Ying-Tze, Min-Ju Liu, and Ying-Yao Cheng. “Discovering Scientific Creativity with Digital Storytelling.” Journal of Creativity 33 (2023): 1–6. https://doi.org/10.1016/j.yjoc.2022.100041

Christin, Maylanny, Ariel Barlian Obadyah, and Dini Salmiyah Fithrah Ali. Transmedia Storytelling. Syah Kuala University Press, 2021.

Frandi, Toni, Ongky Alex Sander, Ferdinandus Soesilo, Fahrul Riza, and Eric Sidarta. “The Impact of Innovation, Brand Image, and Social Media Marketing on Menantea Purchase Intention.” International Journal of Application on Economics and Business 1, no. 3 (2023): 1590–602. https://doi.org/10.24912/ijaeb.v1i3.1590-1602.

Gultom, Monika, and Ruth N. Nancy Wompere. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Storytelling Bagi Calon Guru Bahasa Inggris Di FKIP UNCEN.” Jurnal Pengabdian Papua 5, no. 1 (2021): 29–33. https://doi.org/10.31957/.v5i1.1581

Isnaeni, Rini Nur, Shinta Isnani, Tsuhanda Liwia Pasaribu, and Grace Ester Napitupulu. “Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Storytelling Melalui Diskusi Kelompok Kecil.” Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan 12, no. 2 (2022): 35–43. http://i-rpp.com/index.php/dinamika/article/view/1494

Kaet, Pricilla Oktavia, Edmundus Bouk, and Erlinda Sonya Pale. “Implementation of Storytelling Technique to Improve Speaking Skill.” IJOEEL (International Journal of English Education and Linguistics) 5, no. 1 (2023): 95–108. https://doi.org/10.33650/ijoeel.v5i1.5883.

Kinasih, Putri Rindu, and Estri Cinta Tyas Gusti. “An Analysis of the Usage of Probability Markers in Print Advertising of Hygiene and Cleaning Products.” METATHESIS: Journal of English Language Literature and Teaching 6, no. 1 (2022): 101–15.

Kinasih, Putri Rindu, and Mery. “Students’ Perception towards Learning Literature through Podcast.” In Conference: International Conference on Language, Linguistics, Literature and Education (ICLLLE), edited by Tan Kim Hua, Akhyar Rido, Afrianto, et al. Universitas Teknokrat Indonesia, 2021.

Lesmana, Nanang. “Scientific Approach and Communicative Competence of the English Textbook ‘Forward.’” INFERENCE: Journal of English Language Teaching 5, no. 2 (2022): 142–49. http://dx.doi.org/10.30998/inference.v5i2.9452.

Moore, Dylan, Ash Agarwal, Jeff Hau, and Wendy Tsu. “Science of Storytelling.” Stanford Graduate School of Business, June 27, 2017. https://www.youtube.com/watch?v=dIA2vxqvn04.

Özbölük, Tuğba. “The Marketer as Storyteller: Transmedia Marketing in a Participatory Culture.” Chap. 16 in Handbook of Research on Transmedia Storytelling and Narrative Strategies, edited by Recep Yilmaz, M. Nur Erdem, and Filiz Resuloğlu. IGI Global, 2019. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-5357-1

Rodriguez, Miri. Brand Storytelling. Kogan Page Limited, 2020.

Safitri, Dwi Anjani, Dwiana Asih Wiranti, and Yushinta Eka Farida. “Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Bahasa Indonesia.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 11, no. 2 (2024): 256–71. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v11i2.10962

Soghirun, Muh., Fatimah Hidayahni Amin, and Sukardi Weda. “Students’ Perception of Storytelling Technique in Enhanced Speaking Skill.” Journal of Technology in Language Pedagogy (JTechLP) 1, no. 4 (2022): 487–99. https://doi.org/10.26858/jtechlp.v1i4,%20Dec.40826

Yuliastuti, Desy. “Strategi Membangun Mindset Wirausaha Pada Gen Alpha.” Fortune Indonesia (Jakarta), September 2, 2024.

Published

2025-06-30

How to Cite

Kinasih, P. R., & Halim, S. W. (2025). Pelatihan Storytelling sebagai Strategi Pemasaran bagi Siswa Sekolah Menengah Atas: Storytelling Training as a Marketing Strategy for High School Students. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 32–45. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1195