Pelatihan Storytelling sebagai Strategi Pemasaran bagi Siswa Sekolah Menengah Atas

Storytelling Training as a Marketing Strategy for High School Students

Authors

  • Putri Rindu Kinasih Universitas Bunda Mulia, Indonesia
  • Suwarni Wijaya Halim Universitas Bunda Mulia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1195

Keywords:

Bahasa Inggris, Bercerita, Bisnis, Narasi, Pemasaran

Abstract

Kemampuan bercerita (storytelling) memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis guna menciptakan dinamika belajar yang efektif melalui keterlibatan siswa yang aktif di kelas. Beberapa peneliti terdahulu telah meneliti peran storytelling dalam keterampilan berpikir kritis pada tingkat kreativitas seiring dengan pemahaman akan adanya hubungan antara storytelling dengan kemampuan berpikir kritis serta kreativitas. Sayangnya, penelitian terdahulu sebagian besar mengaitkan keterampilan menulis atau berbicara dengan storytelling. Belum ada penelitian yang dilakukan tentang pentingnya storytelling dalam pemasaran yang terkait dengan Business English. Oleh karenanya, penulis tertarik untuk mengadakan pelatihan dan pengajaran bertajuk “Pelatihan Storytelling sebagai Strategi Pemasaran bagi Siswa SMA: Kegiatan Pengabdian di SMA FONS VITAE 1 Jakarta”, sebagai bagian dari kegiatan ABDIMAS. Peserta ABDIMAS adalah 16 anggota English Club, yang berada di kelas X hingga XII. Berdasarkan hasil ABDIMAS, siswa memahami bahwa sebuah merek dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiensnya dan mendorong loyalitas serta rasa memiliki ketika dipasarkan menggunakan metode storytelling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alonso, M. (2023). The Power Of Storytelling In Modern Marketing. FORBES.

Anna, L. K. (2020, February 7). Jago Teknologi, Apa Pekerjaan yang Kelak Dipilih Generasi Alfa? Www.Lifestyle.Kompas.Com.

Chen, Y.-T., Liu, M.-J., & Cheng, Y.-Y. (2023). Discovering Scientific Creativity with Digital Storytelling. Journal of Creativity, 33, 1–6.

Christin, M., Obadyah, A. B., & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia storytelling. Syah Kuala University Press.

Fitriani, D., & Aziz, U. bin A. (2021). The use of storytelling techniques in extratextual activities for the development of children’s expressive language skills . Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies , 7(2), 212–227.

Frandi, T., Sander, O. A., Soesilo, F., Riza, F., Lia, L., & Sidarta, E. (2023). The impact of innovation, brand image, and social media marketing on menantea purchase intention. International Journal of Application on Economics and Business (IJAEB), 1(3), 1590–1602.

Gultom, M., & Wompere, R. N. N. (2021). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui storytelling bagi calon guru Bahasa Inggris di FKIP UNCEN. Jurnal Pengabdian Papua, 5(1), 29–33.

Isnaeni, R. N., Isnani, S., Pasaribu, T. L., & Napitupulu, G. E. (2022). Penguatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran storytelling melalui diskusi kelompok kecil. Dinamika: Jurnal Praktik Penelitian Tindakan, 12(2), 35–43.

Kaet, P. O., Bouk, E., & Pale, E. S. (2023). Implementation of storytelling technique to improve speaking skill. IJOEEL (International Journal of English Education and Linguistics), 5(1), 95–108. https://doi.org/https://doi.org/10.33650/ijoeel.v5i1.5883

Kinasih, P. R., & Gusti, E. C. T. (2022). An Analysis of the Usage of Probability Markers in Print Advertising of Hygiene and Cleaning Products. METATHESIS: Journal of English Language Literature and Teaching, 6(1), 101–115.

Kinasih, P. R., & Mery. (2021). Students’ perception towards learning literature through podcast. In T. K. Hua, A. Rido, Afrianto, H. Kuswoyo, B. Mandasari, S. Markar, & I. Gulo (Eds.), Conference: International Conference on Language, Linguistics, Literature and Education (ICLLLE) (pp. 180–193). Universitas Teknokrat Indonesia.

Lesmana, N. (2022). Scientific approach and communicative competence of the English textbook “Forward”. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 5(2), 142–149.

Moore, D., Agarwal, A., Hau, J., & Tsu, W. (2017, June 27). Science of Storytelling. Stanford Graduate School of Business. https://www.youtube.com/watch?v=dIA2vxqvn04

Rodriguez, M. (2020). Brand storytelling. Kogan Page Limited.

Safitri, D. A., Wiranti, D. A., & Farida, Y. E. (2024). Pengaruh metode storytelling terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD dalam Bahasa Indonesia. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan , 11(2), 256–271.

Soghirun, Muh., Amin, F. H., & Weda, S. (2022). Students’ perception of storytelling technique in enhanced speaking skill. Journal of Technology in Language Pedagogy (JTechLP), 1(4), 487–499.

Tuğba Özbölük. (2019). The marketer as storyteller: Transmedia marketing in a participatory culture. In R. Yilmaz, M. N. Erdem, & F. Resuloğlu (Eds.), Handbook of research on transmedia storytelling and narrative strategies (pp. 310–330). IGI Global.

Yuliastuti, D. (2024, September 2). Strategi Membangun Mindset Wirausaha pada Gen Alpha. Fortune Indonesia.

Published

2025-06-30

How to Cite

Kinasih, P. R., & Halim, S. W. (2025). Pelatihan Storytelling sebagai Strategi Pemasaran bagi Siswa Sekolah Menengah Atas: Storytelling Training as a Marketing Strategy for High School Students. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 5(1), 32–45. https://doi.org/10.46257/jal.v5i1.1195