Digital Marketing dan Literasi Finansial pada Kelompok Usaha Kecil Menengah Binaan Laznas Yakesma Medan
DOI:
https://doi.org/10.46257/jal.v1i2.367Keywords:
Digital Marketing, Literasi FinansialAbstract
Pandemi yang berlangsung hampir 2 tahun dan melanda seluruh dunia saat ini membuat para pelaku ekonomi baik usaha kecil maupun besar menjadi terdampak. Permasalahan kelompok Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) selama masa pandemi korona yaitu: penjualan mengalami penurunan pandemi, lemahnya promosi dan rendahnya pengetahuan pengelolaan dana usaha menjadi sebab bagi penurunan penghasilan mereka. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan digital marketing dan literasi finansial kepada Pelaku UKM binaan Laznas Yakesma Medan yang saat ini terdampak dari sisi penjualan produk dan penghasilan ekonomi keluarga. Manfaat kegiatan yaitu membantu menyelesaikan sebagian permasalahan yang mereka hadapi. Metode yang dipakai yaitu dengan melakukan workshop dan pelatihan digital marketing dan literasi finansial baik secara luring serta coaching clinic dan evaluasi kegiatan setiap 2 pekan sekali dengan mitra selama 2 bulan untuk lebih memantapkan dan memastikan hasil dari pemahaman digital marketing dan literasi finansial para mitra. Hasil yang diberikan berupa transfer ilmu digital marketing dan literasi finansial yang nantinya diharapkan kelompok UKM ini dapat melakukan promosi produknya dan membuat konten yang baik serta mampu mengelola finansial usaha dengan memisahkannya dengan keuangan pribadi melalui pengetahuan literasi finansial yang telah mereka terima. Target khusus yang ingin dicapai adalah meningkatnya penghasilan para pelaku UKM sehingga dapat membantu perekonomian keluarga. Kesimpulan dalam pelatihan digital marketing dan literasi finansial kepada pelaku UKM binaan Laznas Yakesma Medan, terlihat antusias untuk mengikuti sampai selesai dan cepat memahaminya.