Penggunaan Aplikasi Kenaikan Kelas sebagai Alat Monitoring Proses Belajar Mengajar
The use of the Class Advancement Application as a Tool for Monitoring the Teaching and Learning Process
DOI:
https://doi.org/10.46257/jal.v3i2.818Keywords:
teknologi informasi, kualitas pendidikan, pembelajaran dinamisAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan aplikasi kenaikan kelas sebagai alat untuk memantau proses belajar mengajar, dengan fokus pada penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen untuk meningkatkan pendidikan. Permasalahan yang diupayakan untuk diberikan solusinya adalah mengenai implementasi aplikasi untuk dapat membantu pencapaian akademik dan keterlibatan siswa dalam belajar. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kinerja guru melalui adaptasi terbaik terhadap kebutuhan siswa dengan visualisasi data yang efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini termasuk pengumpulan dan analisis data dalam waktu nyata. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan aplikasi memberikan pengaruh positif pencapaian akademik dan keterlibatan siswa. Selain itu, aplikasi meningkatkan kinerja guru dengan menyesuaikannya dengan kebutuhan unik siswa. Strategi penanganan terbukti berhasil, menunjukkan bahwa aplikasi dapat digunakan dan fleksibel meskipun menghadapi masalah selama implementasi. Diidentifikasi bahwa hal-hal penting untuk pengembangan lebih lanjut adalah meningkatkan keterlibatan orang tua, menciptakan sifat inovatif, dan memberikan pelatihan lanjutan bagi pendidik. Hasil penelitian menekankan bahwa aplikasi kenaikan kelas adalah alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membuat lingkungan pembelajaran yang dinamis, responsif, dan sesuai dengan zaman.