Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Video Pada Siswa Kelas 8 SMP Sahabat Alam Palangka Raya

Effectiveness of Video Learning for Grade 8 Students of Sahabat Alam Junior High School Palangka Raya

Authors

  • Zaitun Qamariah Program Studi Tadris Bahasa Inggris,Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia.
  • Santi Erliana Program Studi Tadris Bahasa Inggris,Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia.
  • Putri Sulastri Permata Sari Program Studi Tadris Bahasa Inggris,Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia.
  • Refi Komariah Program Studi Tadris Bahasa Inggris,Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia.
  • Yeni Suryani Program Studi Tadris Bahasa Inggris,Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.832

Keywords:

Era Digital, Kosa Kata Bahasa Inggris, Nilai-Nilai Moral Islam, Pendekatan Inovative

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran bahasa Inggris dengan nilai-nilai moral keislaman pada siswa kelas VIII SMP Sahabat Alam. Dengan melibatkan media pembelajaran yang inovatif, menggunakan video cerita "Burung Merpati dan Semut" dalam bahasa Inggris, tujuan utama kegiatan ini untuk menguji efektivitas penggunaan video dalam keterampilan menggunakan kosa kata bahasa inggris dan memperkuat nilai-nilai moral keislaman. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan secara langsung (offline) yang dihadiri oleh 27 siswa kelas VIII SMP Sahabat Alam Palangka Raya. Pengabdian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang melibatkan penyampaian materi dengan video cerita, tanya jawab, dan kegiatan interaktif lainnya berhasil meningkatkan kosa kata pada siswa dan berhasil mengintegrasikan moralitas dengan penguasaan kosa-kata. Keterlibatan 27 siswa dari SMP Sahabat Alam Palangka Raya menunjukkan minat yang tinggi terhadap penggunaan media pembelajaran ini. Diharapkan, integrasi pendidikan bahasa Inggris dan nilai-nilai moral keislaman melalui pendekatan inovatif semacam ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan generasi cerdas, beretika, dan berwawasan luas di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqasham, Fahd Hamad, Arif Ahmed Mohammed Hassan Al-Ahdal, dan Ali Hussein Salim Babekir. “Coherence and cohesion in saudi efl learners’ essay writing: A study at a tertiary-level institution.” Asian EFL Journal 28, no. 11 (2021): 8–25. https://www.asian-efl-journal.com/monthly-editions-new/2021-monthly-edition/volume-28-issue-1-1-february-2021/index.htm.

Anggraeni, Neni. “Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Crossword Puzzle pada Siswa Smp Negeri 8 Penajam.” Jurnal Sosial Sains 1, no. 8 (15 Agustus 2021): 827–37. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v1i8.179.

Ardila, Istiqamah, Adea Anggun Novita Sari, dan Heldayana. “The Correlation Among Students’ Attitude Toward Learning, Language Learning Strategies, and English Achievement of Islamic Junior High School.” CURRICULA: JOURNAL OF TEACHING AND LEARNING THE, 2022, 122–34. https://doi.org/10.22216/jcc.2022.v7i3.1602.

Erlangga, Rifqi Aulia, dan Izzati Shaima Shamsudin. “English Instructional Video Design for Islamic Junior High School.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 15, no. 1 (31 Mei 2021): 141–62. https://doi.org/10.18326/infsl3.v15i1.141-162.

Firdaus, Muthiara, dan Elise Muryanti. “Games Edukasi Bahasa Inggris untuk Pengembangan Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendiidkan Tambusai 4, no. 2 (2020): 1216–27. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.588.

Jusmirah. “Integrating the Values of Moderate Islam in Social Science Learning : A Qualitaive Study at Islamic Junior High School ( MTs ) Darul A ’ mal Metro.” Journal of Research in Islamic Education 2, no. 1 (2020): 1–10. https://doi.org/10.25217/jrie.v2i1.993.

Megista, Dwi, dan Rasmita Rasmita. “Improvement Of English Vocabulary Using The ‘Spelling Bee’ Game Method In Islamic Junior High Public School Number 7, Padang City.” Jurnal Karya Abdi 2, no. 1 (30 Juni 2021): 49–56. https://doi.org/10.32520/karyaabdi.v2i1.1525.

Mutiah, Wardah, Eka Sustri Harida, dan Ardi Oktapian. “Anagram Game to Teach Vocabulary Mastery for Islamic Junior High School Students.” Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman 6, no. 2 (30 Desember 2020): 225–36. https://doi.org/10.24952/tazkir.v6i2.3014.

Putra, Wahyu Wiganda. “The Effect of Using Picture Media Towards Students’ Vocabulary Mastery at The Eighth Grade Students of Islamic Junior High School Students of Mathla’ul Anwar Dahu Bojong in Academic Year 2018/2019.” Journal of English Education Studies 3, no. 2 (30 November 2020): 77–86. https://doi.org/10.30653/005.202032.62.

Rohmad, Ali. “Basic Values and the Morality of Islamic Education Leadership at State Junior High School 1 Jogorogo, Ngawi, East Java.” ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam (IJPI) 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.24269/ijpi.v5i1.2613.

Salahuddin, Husein, Moh. Fery Fauzi, dan Lailatul Mauludiyah. “Effectiveness of Arabic Video Animation in Improving the Mastery of Arabic Vocabulary for Students of Islamic Junior School.” International Journal of Arabic Language Teaching 2, no. 02 (20 Januari 2021): 149. https://doi.org/10.32332/ijalt.v2i02.2499.

Saragih, Yenny Puspita. “Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Anak dengan Menggunakan Media Interaktif.” Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa 1, no. 2 (2023): 105–8. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.79.

Sato, Tsuyoshi. “Longitudinal Measurement of the Vocabulary Size of Japanese Junior High School Students : Developing a Vocabulary Size Test for Beginner Learners.” Vocabulary Learning and Instruction 10, no. 1 (2021): 30–48. https://doi.org/10.7820/vli.v10.1.202103.

Septiawan, Habi, Khairun Nisa, Uswatun Hasanah, dan Surdirman Husin. “IMPLEMENTING BACKWARD SPELLING QUIZ IN TEACHING ENGLISH.” Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 9, no. 1991 (2021).

Trisista, Ratna Galuh Manika, Ahmad Munawir Siregar, dan Mipasya Ratu Plamesti. “Pelatihan Teknik Pengutipan Referensi Menggunakan Aplikasi Mendeley dalam Penyusunan Referensi Tugas Akhir Mahasiswa.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak 3, no. 1 (2023): 14–23. https://doi.org/10.46257/jal.v3i1.625.

Published

2024-07-31

How to Cite

Qamariah, Z., Erliana, S., Sari, P. S. P., Komariah, R., & Suryani, Y. (2024). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Video Pada Siswa Kelas 8 SMP Sahabat Alam Palangka Raya: Effectiveness of Video Learning for Grade 8 Students of Sahabat Alam Junior High School Palangka Raya. Jurnal Abdimas Le Mujtamak, 4(1), 19–25. https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.832