Sosialisasi Implementasi Kurikulum Computational Thinking pada Guru SD dan Pengaruhnya Terhadap Perolehan Score Tantangan Bebras
Socialization of The Implementation of The Computational Thinking Curriculum Among Elementary School Teachers and Its Influence on Obtaining Bebras Challenge Scores
DOI:
https://doi.org/10.46257/jal.v4i1.941Keywords:
Biro Bebras, Computational Thinking, HOTs, Integrasi Mata PelajaranAbstract
Computational Thinking merupakan kemampuan berpikir High Order Thinking untuk menyelesaikan masalah kompleks. Kemampuan ini perlu dilatih sejak usia sekolah (K-12) dan dapat diintegrasikan dengan berbagai mata pelajaran seperti matematika, IPA, IPS, bahkan seni musik. Biro Bebras Trisakti sebagai salah satu biro dari Bebras Indonesia ikut serta mensosialisasikan penerapan CT di sekolah dasar dan menengah melalui kegiatan webinar dan tantangan Bebras. Webinar bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana mengintegrasikan CT ke mata pelajaran di tingkat dasar dan menengah. Sedangkan Tantangan Bebras merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Bebras untuk menguji kemampuan CT pada anak-anak di level dasar dan menengah. Pada 2023 Biro Trisakti melaksanakan webinar sosialisasi kurikulum CT dan menyelenggarakan tantangan Bebras. Webinar diikuti oleh 6 orang guru. Tantangan Bebras 2023 diikuti oleh 170 siswa dari SD sd SMA dan 21 % dari peserta mendapatkan skor diatas 50.
Downloads
References
Ayub, Mewati, Maresha Caroline Wijanto, Robby Tan, Daniel Jahja Surjawan, Hapnes Toba, Meliana Christianti, Doro Edi, Hendra Bunyamin, Adelia Adelia, dan Risal Risal. “Pembelajaran Computasional Thinking melalui Program Gerakan Pandai untuk Guru dan PKBM.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 3 (5 Januari 2023). https://doi.org/10.30651/aks.v7i3.13430
Barr, David, John Harrison, dan Leslie Conery. “Computational Thinking: A Digital Age Skill for Everyone.” Learning and Leading with Technology 38, no. 6 (2011): 20–23. http://quijote.biblio.iteso.mx/wardjan/proxy.aspx?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=ehh&AN=59256559&lang=es&site=eds-live%5Cnhttps://content.ebscohost.com/ContentServer.asp?T=P&P=AN&K=59256559&S=R&D=ehh&EbscoContent=dGJyMMTo50Sep6.
Bebras Indonesia. “Gerakan PANDAI (Pengajar Era Digital Indonesia).” Bebras Indonesia, 2023. https://pandai.bebras.or.id/.
Fauzan, Umar, Mohamad Muklis, Siti Hadijah, Aufa Ihsan, Tiara Diasti, Nina Pebriarni, Ilham Adha, dan Windai Rukiyah. “Pelatihan Gerakan Pandai Computational Thingking di Kota Samarinda.” SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2023): 35–40. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SIMAS/article/view/7126.
Solihah, Binti, Sucipto Adi Suwiryo, Gatot Budi Santoso, Is Mardianto, dan Uray Assifa Mufti Azzahra. “Pemanfaatan Scratch Sebagai Media Pembelajaran Pemrograman Berbasis Animasi Di Sekolah Dasar.” ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT 5, no. 2 (1 Juni 2022): 178. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.469.
Wing, Jeannette M. “Computational Thinking.” COMMUNICATIONS OF THE ACM 49, no. 3 (2006). https://www.cs.cmu.edu/~15110-s13/Wing06-ct.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Binti Solihah, Muhammad Najih, Is Mardianto, Anung B Ariwibowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.