Perubahan Hukum Ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Cipta Kerja

  • agustianto Universitas Internasional Batam
Keywords: Perubahan, Hukum Ketenagakerjaan, dan Cipta Kerja

Abstract

Pasca pemberlakuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, kami memandang diperlukan kajian yang lebih komprehensif bagi para pelaku usaha maupun akademisi untuk mempertajam pemahaman terkait dengan pengaturan hukum ketenagakerjaan terbaru, sehingga kami mengambil inisiatif untuk menyusun naskah artikel ini dengan harapan dapat memberikan sumbangsih pemikiran terkait dengan substansi yang hendak dibahas, yakni perubahan hukum ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Adapun pembahasan yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bentuk-bentuk perubahan hukum ketenagakerjaan dan substansi perubahan yang terkandung dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Artikel ini bertujuan agar dapat memberikan pemahaman yang komprenshif terkait dengan hukum ketenagakerjaan pasca revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Dengan menggunakan jenis penelitian normatif, diharapkan penelitian ini dapat memberikan perbandingan hukum ketenagakerjaan terdahulu (sebelum revisi) dengan pasca revisi. Hasil penelitian dalam artikel ini menguraikan berbagai bentuk perubahan hukum ketenagakerjaan dalam bentuk uraian tabel guna mempermudah pemahaman terkait substansi perubahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatimah Halim, “Hukum dan Perubahan Sosial”, Al-Daulah : Jurnal Hukum Pidana & Ketatanegaraan, Volume 4, No. 1, 2015.
Mawardi Khari dan Sulaiman, “Perlindungan Hukum Terhadap Tenaga Kerja Wanita Pada Sektor Perikanan di Kota Tarakan”, Borneo Law Review, Volume 3, No. 2, 2019.
Yuddin Chandra Nan Arif, “Dimensi Perubahan Hukum Dalam Perpektif Sistem Hukum Terbuka”, Jurnal Ius: Kajian Hukum dan Keadilan, Volume 1, No. 1, 2013.
Johnny Ibrahim. Teori dan Metode Penelitian Hukum Normatif, Malang, Bayumedia Publishing, 2003.
Peter Mahmud Marzuki. Penelitian Hukum, Jakarta, Kencana, 2014.
Sudikono Mertokusumo. Mengenal Hukum (Suatu Pengatar), Yogyakarta, Liberty, 1991.
Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji, Penelitian Hukum Normatif Suatu Tinjauan Singkat, Jakarta, RajaGrafindo Persada, 2003.
Published
2021-11-30