A Tinjauan Yuridis Hubungan Hukum Dan Penerapan Asas Proporsionalitas Perjanjian Antara PT. Go-jek Indonesia Dengan Pelaku Usaha F&B

Keywords: Teknologi, perjanjian, kemitraan, asas proporsionalitas,

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan perubahan gaya hidup manusia, perkembangan teknologi ini dimanfaatkan sejumlah orang untuk mengembangkan inofasi sampai akhirnya muncul perusahaan teknologi yang kita kenal saat ini bernama Go-jek, merupakan perusahaan teknologi yang pada awalnya melayani pemesanan ojek daring hingga melayani segala jenis transaksi dan jasa pengantaran terutama pengantaran makanan, hal  ini dimanfaatkan oleh pelaku usaha makanan dan minuman, pelaku usaha menjalin kerjasama dengan Gojek untuk mengembangkan usahanya namun tidak semua pelaku usaha dapat memahami isi perjanjain maka dari itu penulis ingin mengaitkannya dengan asas proporsionalitas dan akan membahas hubungan hukum apa yang timbul antara Go-jek dengan pelaku usaha dan bagaimana pembagian hak dan kewajiban para pihak dikaitkan dengan asas proporsionalitas. Untuk mengetahui hubungan hukum yang timbul serta terpenuhi tidaknya suatu perjanjian yang memenuhi asas proporsionalitas. Untuk menjawab disini penulis menggunakan metode penelitian yuridis normatif serta telaah aturan perundang undangan. Didapati bahwa hubungan hukum yang timbul adalah perjanjian kemitraan, dan bahwa perjanjan antara Go-jek dengan pelaku usaha tidak sepenuhnya memenuhi asas proporsionalitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin dan H Zainal Askin. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2010.
Santoso, Agus. HUKUM MORAL & KEADILAN Sebuh Kajian Filsafat Hukum. Jakarta: Kencana, 2012.
Hernoko, Agus Yudha. HUKUM PERJANJIAN Asas Proporsionanlitas Dalam Kontrak Komersil. Jakarta: Kencana, 2014.
Hartana. “Hukum Perjanjian Dalam Perspektif Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara”. Jurnal Komunikasi Hukum. Vol. 2, No. 2, Agustus 2016.
Fahrurozi, DKK., “Analisis layanan ojek online PT. Grab Indonesia wilayah Surabaya dalam perspektif bisnis islam”. Jurnal ekonomoi & ekonomi syariah. Vol. 3, No. 1, Januari 2020.
Harianto, Deni. “Asas Kebebasan Berkontrak: Problematika Penerapannya Dalam Kontrak Baku Antara Konsumen Dengan Pelaku Usaha”. Jurnal Hukum Samudra Keadilan. Vol. 11, No. 2, Juli – Desember 2016.
Susanto, Deni Agus, Penerapan Asas Proporsionalitas Dalam Kemitraan Pada Perjanjian Kerjasama Antara Koperasi Produsen Mekar Jaya Dengan PT. Tani Musi Persada. Tesis. Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. 2015.
Malinda, Desi. E-contract pada PT. Go-jek Indonesia Dalam Perjanjian Dengan Mitra Usahanya Menurut Syirkah’inan. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negri An-Raniry Darusalam Banda Aceh. 2019.
, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 93. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4866.
, Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2016 Nomor 251. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5952.
GO-jek. “Bacalah Perjanjian Kemitraan Ini Dengan Seksama Sebelum Mendaftar Sebagai Mitra, Mengakses Atau Menggunakan Aplikasi Go-jek” (https://www.gojek.com/app/kilat-contract/), diakses 6 November 2020
GO-jek. “Gofood” (https://www.gojek.com/gofood/partner-center/), diakses 6 November 2020.
GO-jek. “Tentang kami” (https://www.gojek.com/about/), diakses 6 november 2020.
GO-bizz. “Persyaratan GO-FOOD dan cara Daftar Gobiz 2020” (https://www.go-bizz.com/2020/02/persyaratan-go-food-cara-daftar-gobiz.html), diakses 10 November 2020.
GO-jek. “Jualan Aman dan Nyaman Hanya Dalam Satu Genggaman” (https://www.gojek.com/gobiz/), diakses 6 November 2020.
GO-jek. “Syarat dan Ketentuan Gofood (Gobiz)” (https://www.gojek.com/terms-and-condition/#gobiz-tnc), diakses 10 November 2020.
GO-bizz. “Berapa Biaya Daftar atau Bagi Hasil Gofood?” (https://www.go-bizz.com/2019/08/biaya-daftar-atau-bagi-hasil-gofood.html), diakses 20 November 2020.
GO-biz. “Ketentuan Penggunaan Gobiz” (https://app.gobiz.co.id/onboarding/terms-and-condition/gobiz-v05.2020), diakses 20 November 2020.
Go-jek. “Prosedur Standar Operasional Gofood” (https://www.gojek.com/gobiz/sop/), diakses 21 November 2020.
Published
2021-11-30