Persepsi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Terhadap Pelanggaran Hak Asasi Manusia Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Perceptions of State Madrasah Aliyah Students on Human Rights Violations in the Special Region of Yogyakarta

Authors

  • Siti Miskiah Fakultas Hukum, Universitas Islam Jakarta, Indonesia.
  • Ahmad Munawir Siregar Fakultas Hukum, Universitas Islam Jakarta, Indonesia.
  • Isyam Fakultas Hukum, Universitas Islam Jakarta, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.46257/jrh.v27i3.668

Keywords:

Hak Asasi Manusia, Peserta didik, Pelanggaran

Abstract

Persepsi peserta didik terhadap Hak Asasi Manusia di sekolah Madrasah Aliyah merupakan hal yang fundamental dalam proses belajar mengajar, mendidik peserta didik MAN. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pelanggaran HAM terhadap peserta didik, ketentuan  HAM dan mengaplikasikan ketentuan hak asasi manusia tersebut dalam pergaulan di MAN. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan suatu pemahaman terhadap pelanggaran HAM di lingkungan Pendidikan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilaksanakan di sekolah MAN di wilayah daerah Istimewa Yogyakarta, dengan teknik pengumpulan data melalui peninjauan lapangan dan wawancara. Dengan observasi ini, peneliti mendapatkan persepsi peserta didik terhadap pelanggaran HAM dalam dunia pendidikan Sekolah MAN adalah dengan paktek non-diskriminasi terhadap semua peserta didik. Tenaga kependidikan telah melakukan proses nilai-nilai hak dasar individu pada peserta didik melalui pembelajaran dengan baik, tenaga kependidikan sudah memberikan kepada peserta didik dengan pendidikan yang baik, perhatian kepada peserta didik, memfasilitasi pembelajaran, dan peduli. Peran tenaga pendidik terhadap pencegahan pelanggaran HAM di lingkungan peserta didik adalah melalui materi-materi pembelajaran yang mencakup nilai-nilai hak asasi manusia terutama dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang diharapkan peserta didik dapat menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Triwahyuningsih, “Perlindungan Dan Penegakan Hak Asasi Manusia (Ham) Di Indonesia,” Legal Standing : Jurnal Ilmu Hukum, vol. 2, no. 2, p. 113, 2018, doi: https://doi.org/10.24269/ls.v2i2.1242.

Y. Putri and T. Rahaju, “Implementasikebijakan Sekolah Ramah Anak Di Sma Negeri 3 Kota Kediri,” Publika, vol. 8, no. 1, 2020, doi: https://doi.org/10.26740/publika.v8n1.p%25p.

K. R. Yosada and A. Kurniati, “Menciptakan Sekolah Ramah Anak,” Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, vol. 5, no. 2, pp. 145–154, 2019, doi: https://dx.doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480.

Komnas HAM, “Komnas HAM Sosialisasikan Sekolah Ramah HAM - Komnas HAM,” 2019.

T. Sudjarat, “Perlindungan Hukum terhadap Hak Anak sebagai Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Sistem Hukum Keluarga Di Indonesia,” kanun Jurnal Ilmu Hukum, vol. XIII, no. 54, pp. 111–132, 2011.

I. Marzuki and F. Faridy, “Relevansi Hukum Dan Hak Asasi Manusia Dengan Agenda Reformasi: Dimensi Nasional Dan Internasional,” JCH (Jurnal Cendekia Hukum), vol. 5, no. 2, p. 350, 2020, doi: https://doi.org/10.33760/jch.v5i2.242.

S. Haling, P. Halim, S. Badruddin, and H. Djanggih, “Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan Dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional Dan Konvensi Internasional,” Jurnal Hukum & Pembangunan, vol. 48, no. 2, pp. 361–378, 2018.

M. F. Said, “Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia [Legal Protection of Children in the Perspective of Human Rights],” Jurnal Cendekia Hukum, vol. 4, no. 1, pp. 141–152, 2018. [Online]. Available:

http://e-jurnal.stih-pm.ac.id/index.php/cendekeahukum/article/view/97/110

D. Farid, K. A. K. M. Mabruri, M. H. Abdulah Pakarti, and H. Hendriana, “Analisis Kasus Pelecehan Seksual Di Universitas Islam Indonesia Menggunakan Pendekatan Hak Asasi Manusia,” Jurnal Penegakan Hukum Indonesia, vol. 4, no. 1, pp. 57–71, 2023, doi: https://doi.org/10.51749/jphi.v4i1.95.

Suprihatin and A. M. Azis, “Pelecehan Seksual Pada Jurnalis Perempuan di Indonesia,” PALASTREN Jurnal Studi Gender, vol. 13, no. 2, p. 413, 2020, doi: https://doi.org/10.21043/palastren.v13i2.8709.

K. Benuf and M. Azhar, “Metodologi Penelitian Hukum sebagai Instrumen Mengurai Permasalahan Hukum Kontemporer,” Gema Keadilan, vol. 7, no. 1, pp. 20–33, 2020, doi: https://doi.org/10.14710/gk.2020.7504.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

kemenkopmk.go.id, “Pemenuhan Hak Anak Fondasi Masa Depan Bangsa,” kemenkopmk.

Mahkamah Konstitusi RI, “MK: Aturan Perlindungan Anak dari Kekerasan Sesuai UUD 1945 | Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia,” MKRI.Com, 2018.

M. C. Anam and M. Hafiz, “Surat Edaran Kapolri Tentang Penanganan Ujaran Kebencian (Hate Speech) dalam Kerangka Hak Asasi Manusia,” Jurnal Keamanan Nasional, vol. 1, no. 3, pp. 341–364, 2015, doi: https://doi.org/10.31599/jkn.v1i3.30.

O. C. Nugroho, “Peran Balai Pemasyarakatan Pada Sistem Peradilan Pidana Anak Di Tinjau Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia,” Jurnal Hak Asasi Manusia, vol. 8, no. 2, pp. 161–174, 2017, doi: https://doi.org/10.30641/ham.2017.8.161-174.

M. B. Santoso, “Lgbt Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia,” Share : Social Work Journal, vol. 6, no. 2, p. 220, 2016, doi: https://doi.org/10.24198/share.v6i2.13206.

L. Arliman, “Pengadilan Hak Asasi Manusia Dari Sudut Pandang Penyelesaian Kasus Dan Kelemahannya,” Jurnal Ilmu Hukum Tambun Bungai, vol. 2, no. 1, pp. 15–27, 2017.

D. G. S. Mangku, “Kasus Pelanggaran Ham Etnis Rohingya : Dalam Perspektif ASEAN,” Media Komunikasi FIS, vol. 12, no. 2, pp. 60–69, 2008.

R. Widodo, “PUSDIKHAM UHAMKA Undang Komnas HAM terkait Sekolah Ramah HAM - Komnas HAM,” komnasham.go.id, 2019.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

[1]
S. Miskiah, A. M. Siregar, and Isyam, “Persepsi Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Terhadap Pelanggaran Hak Asasi Manusia Di Daerah Istimewa Yogyakarta : Perceptions of State Madrasah Aliyah Students on Human Rights Violations in the Special Region of Yogyakarta ”, Reformasi Hukum, vol. 27, no. 3, pp. 236–248, Dec. 2023.