Transformasi Hukum Islam pada Masyarakat di Indonesia

Transformation of Islamic Law on Indonesian Society

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46257/jrh.v24i2.118

Keywords:

Hukum Islam, Transformasi Hukum Islam, Kompilasi Hukum Islam (KHI)

Abstract

Hukum Islam termasuk ke dalam hukum perundang-undangan di Indonesia melalui proses penyatuan hukum. Hukum Islam di Indonesia diadakan pembaharuan yang disesuaikan dengan keadaan masyarakat dan perkembangan zaman. Dalam prosesnya, hukum Islam diunifikasikan dengan hukum adat dan hukum barat. Dengan tujuan agar hukum di Indonesia sesuai dengan nilai-nilai luhur masyarakat yang sehingga bisa dilaksanakan masyarakat Indonesia dengan baik. Rumusan masalah bagaimana proses transformasi hukum Islam di Indonesia dan pengaruhnya terhadap masyarakat di Indonesia, kedua apa itu kompilasi hukum islam dan bagaimana perananya dalam masyarakat Indonesia.  Tujuan penelitian untuk menjelaskan proses transformasi dan peranan hukum Islam di negara Indonesia. Kegunaan penelitian untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah dan perkembangan hukum di Indonesia. Metode Penelitian ini yaitu penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini meliputi sejarah adanya transformasi hukum Islam di Indonesia dalam bidang pidana maupun dalam bidang perdata serta pengaruhnya dalam masyarakat, dan Kompilasi Hukum Islam. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hukum Islam hadir di Indonesia dan menjadi hukum positif di Indonesia. Serta hukum positif ini bertujuan menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Biga, Nurhikmah Hairak, “History of Renewal of Islamic Family Law in Indonesia”. Al-Mizan: Jurnal Pemikiran Hukum Islam. Vol. 13, No. 2, 2017.

Bisri, Cik Hasan, Kompilasi Hukum Islam dan Peradilan Agama dalam sistem Hukum Nasional. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Fuad, Mahsun Fuad. Dari Nalar Partisipatoris Hingga Emansipatoris. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2005.

Hanafi, Ahmad, Asas-Asas Hukum Pidana Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Harahab, Yulkarnain dan Andy Omara, “Kompilasi Hukum Islam dalam Perpektif Hukum Perundang-undangan”. Mimbar Hukum. Vol. 22, No. 3, Oktober 2010.

Herawati, Andi, “The Existence of Islamic Law Compilation Article 183 in Solving Inheritance Issue of Muslim Communities in Makassar". Al-daulah: Jurnal Hukum Pidana & Ketatanegaraan. Vol. 8, No 1, 2019.

Imron, Ali, “Transformasi Hukum Islam ke Dalam Hukum Nasional Indonesia”. Jurnal Hukum dan Dinamika Masyarakat. Vol. 5, No. 2, April 2008.

Muwahid, “Transformasi Hukum Islam dalam Sistem Hukum Nasional”. Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam. Vol. 6, No. 2, Juli 2012.

Mubarok, Jaih, “Dinamika Pemikiran Hukum Islam di Indonesia”. Jurnal Unisia UII Yogyakarta. Vol. 26, No. 48, 2003.

Mulia, Muji, “Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia (Analisis Historis tentang Kompilasi Hukum Islam)". Jurnal Islam Futura. Vol. 7, No.1, 2008.

Rahardjo, Satjipto. Sisi- Sisi Lain Dari Hukum di Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2003.

Sadat, Anwar, “Strategi Transformasi Hukum Islam dalam Pembinaan Hukum Nasional”. Jurnal Syari’ah dan Hukum Diktum. Vol. 16, No. 1, Juli 2018.

Syamsuddin, Darussalam, "Transformasi Hukum Islam di Indonesia", Jurnal Al-Qadāu. Vol. 2, No. 1, 2015.

Wahid, Marzuki dan Rumadi. Fiqh Madzhab Negara: kritik atas politik hukum Islam di Indonesia. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2001.

Yasa, Ahmad, “The Development of Indonesian Islamic Law: A Historical Overview”. Journal of Indonesian Islam. Vol. 9, No 1, Juni 2015.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

1.
Hidayah HN, Az Zafi A. Transformasi Hukum Islam pada Masyarakat di Indonesia: Transformation of Islamic Law on Indonesian Society. Reformasi Hukum [Internet]. 2020 Dec. 7 [cited 2024 Apr. 27];24(2):114-29. Available from: https://ojs.uid.ac.id/index.php/jrh/article/view/118